Memilih Hosting yang Tepat

Cara Memilih Hosting yang Tepat
Cara Memilih Hosting yang Tepat

Bagaimana cara memilih hosting yang tepat, bagi perusahaan penyeleksian produk peralatan keperluan perusahaan sebaiknya tepat dan terbaik, itu karena supaya perusahaan bisa jalan dan berkembang secara cepat. Sebagai seorang karyawan yang tangani permasalahan peralatan perusahaan seperti misalnya keperluan untuk web yang mencakup hosting dan domain, harus betul- betul pahami tentang ini. Registrasi untuk domain sendiri harus juga jadi perhatian dengan cermat ingat domain jadi sisi dari gambar branding dari sebuah usaha atau perusahaan, yang mana branding ini menjadi ciri khas nama yang mudah di kenali banyak orang.

Selain memerhatikan nama domain, anda harus juga menguasai tentang hosting yang sebagai tempat atau wadah untuk menyimpan beberapa data atau kepentingan sebuah website/blog. Tetapi tidak perlua khawatir karena ada beberapa ada paket hosting yang di sediakan oleh penyedia atau jasa dengan sarana yang mencukupi untuk perusahaan atau usaha sendiri. Tapi untuk memilih hosting yang tepat mana yang terbaik tentu saja harus memerlukan rekomendasi dan penelitian lebih dulu supaya tidak mengakibatkan rugi dalam memilih hosting untuk kedepannya.

Pemilihan hosting yang tepat bagi perusahaan akan jadikan imbas positif dan meningkatkan integritas untuk perusahaan itu. Performa web yang bagus akan jalan dengan normal tanpa masalah seperti eror, kemampuan yang kecil, waktu loading yang lama, dan lainnya. Tapi bila salah memilih hosting akan berpengaruh negatif pada web perusahaan itu. Tentu saja anda tidak mau semakin banyak keluarkan dana yang besar cuman untuk kepentingan hosting, oleh karena itu berikut cara untuk memilih hosting yang tepat dan terbaik.

Cara Memilih Hosting yang Tepat

Cara Memilih Hosting yang Tepat
Cara Memilih Hosting yang Tepat

Pemahaman Singkat Tentang Apa Itu Hosting

Sebenarnya sebuah hosting ialah tempat atau wadah untuk memuat beberapa data yang dibutuhkan oleh sebuah web dan hingga bisa dijangkau melalui Internet. Data yang ada di hosting bisa berbentuk file, gambar, e-mail, program/program/script dan database. Hosting bisa di ibaratkan ini ialah sebuah pasar besar yang masih kosong dengan di dalamnya ada bebrapa kios yang dikontrakkan oleh management pasar untuk beberapa pedagang yang sewa tempat dengan mengisi beberapa dagangan mereka yang berbeda beda.

Disini management pasar akan membagikan ruangan dan sewakan ruang, infrastruktur, listrik, telephone dan sarana yang lain supaya beberapa orang bisa buka usaha yang beragam. Tiap kios pengurusnya bisa berlainan, dekornya berbeda dan bekerja masing-masing dengan triknya sendiri. Tentu saja luas kios yang disiapkan mempunyai batas ruangan atau ukuran, sama dengan cara kerja persewaan hosting untuk sebuah web memiliki spesifikasi yang berbeda.

Cara Memilih Hosting yang Tepat

Cara Memilih Hosting yang Tepat dan Terbaik untuk Perusahaan

Cara Memilih Hosting yang Tepat dan Terbaik untuk Perusahaan

Untuk memilih hosting yang tepat benar ada beberapa cara yang bisa dilaksanakan. Tips memilih control panel hosting yang bisa anda gunakan dengan cara yang tepat, Selain memakai cara itu anda bisa menanyakan langsung ke orang yang lebih memahami berkenaan hosting. Berikut cara untuk memilih hosting yang bisa anda dalami dan selanjutnya diaplikasikan.

Memilih Spesifikasi Hosting

Hosting yang terbaik untuk perusahaan ialah yang berkecepatan tinggi, penyimpanan yang tak terbatas dan lainnya. Untuk memperoleh hal tersebut harus dipahami beberapa spesifikasi/detail yang tercantum pada paket service hosting. Spesifikasi yang harus ada di hosting khusus perusahaan atau usaha yang berkembang ialah :

Keamanan

Yakinkan ada feature keamanan yang untuk beberapa data yang ada di web perusahaan anda. Feature keamanan itu umumnya terbagi dalam SSL-Certificate, LiteSpeed Enterprise dan Load Balancer, Free Backup Daily using JetBackup, Dukungan HTTP/2 dan IPv6, Imunify360 Server Security, BitDefender AntiVirus dan Firewall. Bila ada semua feature itu karena itu hosting itu sudah tentu aman untuk simpan beberapa data pemakai.

Kecepatan

Menurut penelitian dari google jika web yang lama saat lakukan pemuatan data atau umum disebutkan loading karena itu pengunjung akan selekasnya keluar web itu yang akan berpengaruh turunnya traffic pengunjung web anda. Bila ingin web perusahaan anda mempunyai traffic pengunjung yang bertambah karena itu anda perlu memilih hosting yang tepat dan mempunyai feature kecepatan extra.

Mekanisme Database

Untuk perusahaan yang bertaraf besar tentu saja akan membutuhkan database yang mempunyai feature komplet untuk simpan beberapa datanya. Oleh karena itu pilih penyuplai hosting yang mempunyai feature database seperti SSH, GIT, Composser, Addon Domain Bebas Set Peranan PHP, Versus dan Limit PHP 5.x dan 7.x Rubby, Python, Curl, Perl, GD2, MySQL, MariaDB, PHPMyAdmin, dan lainnya. Dengan demikian anda tak perlu cemas untuk memakai database tipe apa saja.

Bandwidth

Bandwidth ialah batas akses data yang dipunyai oleh sebuah server hosting dan saat terjadi traffic yang tinggi dan melewati batas bandwidth, karena itu web itu akan alami down atau error. Sudah pasti untuk anda seorang pelaku bisnis hal tersebut tentu tidak anda harapkan muncul karena bila hal itu terjadi pada web usaha anda karena itu pengunjung akan sedih berperforma web dan pada akhirnya tidak jadi lakukan transaksi bisnis pada produk yang dijajakan. Untuk menghindar hal itu seharusnya anda memilih paket hosting dengan dengan bandwith unlimited (tanpa batasan).

Servis Provider Hosting

Tujuan dari servis ini ialah persiapan dari faksi provider jika anda memerlukan dana untuk permasalahan hosting anda. Servis 24 jam yang disiapkan oleh penyuplai service hosting tentu saja benar-benar menolong konsumen saat diperlukan. anda tidak akan mengetahui kapan terjadi error atau persoalan lain di tiap waktu, oleh karenanya pilih registrar yang sediakan service live chat 24 jam.

Tentu saja jadi feature ini akana menjadi satu diantara feature yang menarik untuk banyak konsumen setia ingat live chat sudah lama jadi opsi aliran komunikasi untuk menolong konsumen setia saat mereka hadapi permasalahan. Lewat live chat, penyuplai hosting dapat sediakan kontribusi mengenai permasalahan yang ditemui beberapa konsumen setia dan pastikan apa mereka telah menolong konsumen setia dalam menuntaskan permasalahan atau menolong mereka dalam info pembelian dan lain- lain.

Kecepatan Pemakaian

Penampilan UI/UX juga harus jadi perhatian saat sebelum memilih paket hosting khususnyan untuk orang pemula tentu saja penting untuk cari tahu ini. Pilih penyuplai service hosting yang memberinya keringanan dalam pemakaian dimulai dari penyeleksian nama domain dan paket hosting dan penataan web anda. Penyuplai hosting terbaik harus juga dapat memberinya keringanan untuk beberapa pemakainya, seperti memantau resource dan memasang software tanpa kesusahan. Akan lebih bagus kembali bila anda dituntun lewat panduan atau info berguna berbentuk tulisan atau visual-audio alias video untuk mempermudah pengendalian web umumnya penyuplai hosting memberinya akses Cpanel untuk alat mengurus web anda.

Mencari Tahu Opini Pemakai Lain

Saat sebelum memilih provider hosting untuk sewa hosting lebih bagus untuk menyaksikan komentar, ulasan atau referensi konsumen setia. Disitu anda bisa menyaksikan bagaimana respon berkenaan penggunaan hosting ini dan tanggapan dari faksi penyuplai service hosting. Bila komentar yang diberi umumnya ialah komentar positif karena itu anda tak perlu sangsi untuk sewa hosting pada provider itu.

Tipe Hosting Untuk Perusahaan

Ada 3 tipe hosting yang pas untuk perusahaan yakni Virtual Privat Server (VPS), Cloud Hosting, Dedicated Hosting. Dari beberapa macam hosting yang ada, 3 tipe itu akan sama sesuai dan pas untuk penggunaan rasio perusahaan berkembang. Hal itu karena bisa memuat keperluan web dengan traffic tinggi, keamanan data, dan lainnya. Berikut keterangan selengkapnya :

Virtual Privat Server ( VPS)

Panggilan VPS sebagai tehnologi baru yang memungkinkannya untuk membagikan resource dari dedicated server jadi bagian-bagian lebih kecil yang disebutkan virtual server. Bedanya ialah dalam VPS masih share resource hardware server tetapi tidak share servis, karena pada masing-masing mesin VPS sudah diinstal servis khusus. Tapi pada VPS (Virtual Privat Server) hosting, anda masih share server dengan pemakai yang lain.

Tetapi ada keuntungan lainnya yakni penyuplai situs hosting sudah membagikan bagian-bagian untuk anda sendiri di server. Pemakai yang memakai VPS ini mempunyai akses root/Administrator untuk memanage VPS punya mereka sesenang hati, ini sebagai kelebihan dibandingkan dengan shared hosting yang sudah diberi beberapa batasan pada tiap akun. Dengan demikian tipe situs host ini sebagai opsi yang tepat untuk pemakai web usaha yang trafiknya tinggi.

Keunggulan pada VPS ini ialah :

Ruang server yang dedicated (tak perlu beli server dedicated)
Tingkatkan trafik di web lain tidak berpengaruh untuk perform situs anda
Akses root ke server
Scalability yang gampang
Bisa diatur sendiri

Kelemahan pada VPS ialah :

  • Benar-benar mahal bila dibanding dengan shared hosting
  • Harus kuasai info dan pengetahuan tehnis berkaitan management server

Dedicated Hosting

Service hosting yang memungkinkannya satu pemakai memakai server tanpa share resource dengan pemakai lain. Mereka memakai resource seutuhnya, hingga program yang mereka punyai dapat jalan optimal dengan resource yang ada. anda bisa mengombinasikan mekanisme operasi dan software yang ingin dipakai, dan setting keseluruhnya faktor hosting sesuai keperluan anda.

Sewa dedicated server sama baiknya dengan mempunyai server sendiri, tapi di dedicated server, anda akan ditolong oleh konsumen dukungan yang andal. Dedicated Hosting ini terdiri jadi dua sisi, ada yang namanya co-location dan ada service dedicated server. Bedanya, jika co-location, pemakai sediakan server sendiri dan cuman sewa tempat dan kepentingan yang sama sesuai, misalnya saja bandwidth, rak, power, dan lain- lain.

Support dari Dedicated Server provider sediakan server dan piranti yang lain, dimulai dari tempat, rak, power, bandwidth dan lainnya. Dedicated Server ialah sebuah server fisik (computer dengan detail dan komposisi tertentu) yang sanggup jalankan proses komputasi dari program berat dan beban yang tinggi sekali yang sebagai jalan keluar dari shared hosting atau VPS yang tidak sanggup jalankan program berat dengan proses komputasi yang kompleks ini.

Dengan Dedicated Server, beberapa perusahaan mempunyai akses penuh pada server. Mereka bebas mengonfigurasikan Dedicated Server yang mereka punyai sama sesuai keperluan. Mereka tak perlu share resource server misalkan share prosesor, RAM, penyimpanan dan lain-lain dengan perusahaan lain karena tidak share, keamanan juga lebih janjikan dibanding service shared hosting. Pada Dedicated Server, tidak ada beberapa batasan seperti service shared hosting dan VPS hingga mereka yang memakai service Dedicated Server ini lebih bebas dalam mengoptimalkan performa program yang mereka punyai dalam server.

Kelebihan dedicated server :

  • Kontrol penuh pada komposisi server
  • Tak perlu share resource server dengan pemakai lain)
  • Akses root ke server
  • Keamanan terjaga

Kekurangan Dedicated Server :

  • Mahal

Harus kuasai pengetahuan mengenai tehnis berkaitan management server
Perawatan dilaksanakan secara berdikari

Cloud Hosting

Diatur oleh satu kelompok server yang membuat “cloud.” yang membuat hosting tipe ini bagus untuk usaha dengan alami perkembangan cepat. anda bisa ketahui rasio sumber daya untuk menampung trafik perkembangan seperti pemasaran atau promo khusus. Cloud hosting mempunyai kecepatan server bisa lebih cepat dibanding shared hosting karena ada bandwidth lebih yang ada untuk anda. Satu diantara keunggulan dari cloud hosting ini ialah saat salah satunya server cloud repot atau memiliki masalah, karena itu trafik situs anda akan secara automatis di-route ke server yang lain dalam klaster, sedang kelemahan pada cloud hosting ini ialah ongkos susah diprediksi, akses root tidak selamanya ada.

Penutup

Bagaimana pemahaman dan cara di atas bisa anda pakai sebagai rekomendasi dan referensi standard yang baik untuk memilih hosting yang tepat. Selainnya nama domain yang baik, hosting penting diingat untuk konsistensi dan perform web. Paket hosting terbaik untuk perusahaan tentu saja telah banyak disiapkan oleh provider hosting yang berada di Indonesia. pada harga, detail dan support yang beragama pulan hingga anda dapat menyesuaikan dengan keperluan dan bujet anda.

Bila anda ingin lakukan upgrade atau turunkan kemampuan hosting, kontak faksi provider anda untuk info selanjutnya. Namun proses up-grade ini akan memerlukan waktu ingat akan ada proses-proses yang harus dilewati dan memakan waktu tertentu juga. Oleh karena itu penting untuk betul-betul memilih hosting yang tepat untuk perusahaan anda supaya seluruh keperluan perusahaan akan tercukupi dengan sasaran yang tepat.

Ali Shofi'in
Nama Saya Ali Shofi'in Semasa SMK saya Mengambil Jurusan MM (MULTIMEDIA) di SMK ISLAM DATUK SINGARAJA
%d blogger menyukai ini: