Cara Pembayaran Listrik Online

Cara Pembayaran Listrik Online
Cara Pembayaran Listrik Online

Bagaimana Cara Pembayaran Listrik Online – Keperluan listrik makin bertambah bersamaan dengan pertambahan jumlah warga dan pembuatan rumah baru. Ini menggerakkan bertambahnya penempatan listrik baru. Belum juga ada keinginan lebih daya strum semakin besar, baik oleh konsumen setia rumah tangga atau untuk industri.

Listrik di Indonesia diatur oleh PT Perusahaan Listrik Negara/PLN (Persero) dengan biaya operasional yang besar. Apa lagi, Badan Usaha Punya Negara (BUMN) itu jalankan amanat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membuat pembangkit listrik 35.000 Megawatt (MW) untuk penuhi keperluan listrik dari Sabang sampai Merauke secara rata.

Dengan investasi yang besar sekali untuk hasilkan listrik, konsumen setia yang konsumsi listrik dari PLN harus bayar rekening listrik untuk kelancaran operasional PLN. Tunggakan rekening listrik bisa mengusik performa keuangan perusahaan plat merah ini hingga dapat berpengaruh pada pendistribusian listrik di dalam rumah atau ke usaha Anda.

5 Cara Pembayaran Listrik Online

Cara Pembayaran Listrik Online
Cara Pembayaran Listrik Online

Untuk Anda yang belum mengetahui cara memeriksa tagihan listrik dan melunasinya, berikut penuturannya:

Cara Memeriksa Tagihan Listrik

Saat Anda buka web PLN www.pln.co.id, masukan ID Konsumen setia (Identitas konsumen setia) listrik rumah Anda yang terbagi dalam 12 angka. Lantas masukan kode yang tercantum di halaman situs itu, pada lokasi yang sudah disiapkan. Kemudian click login. Bila sukses, maka ada halaman situs, yang memperlihatkan info berapakah besar tagihan listrik yang perlu Anda bayar.

Dan cara check tagihan listrik lewat program PLN Mobile, yaitu:

1. Unduh dahulu program PLN Mobile di handphone Anda

2. Tentukan menu info pada tab menu

3. Tentukan menu info tagihan dan token listrik

4. Saran ID Konsumen setia atau nomor meteran Anda

5. Click mencari

6. Program akan tampilkan status tagihan listrik Anda dan besaran nominalnya

Tempat Bayar Rekening Listrik Secara Online

Tempat Membayar Rekening Listrik Secara Online
Tempat Membayar Rekening Listrik Secara Online

Sebelumnya pembayaran listrik membuat orang harus berbaris di kantor PLN. Tetapi sekarang bersamaan perubahan jaman pembayaran rekening listrik bisa dilaksanakan secara online di loket-loket atau bank yang bekerja bersama dengan PLN, hingga tidak perlu berbaris panjang di kantor PLN. Dengan sarana online ini, konsumen setia tak lagi terlilit pada satu tempat pembayaran. Berikut tempat pembayaran rekening listrik secara online:

Lewat Kantor Pos

Pembayaran ini dilaksanakan di loket Kantor Pos. Bila konsumen setia pilih bayar dengan cara ini, konsumen setia dapat bayar di semua Kantor Pos atau Mobil Pos keliling yang telah tercatat awalnya.

Lewat loket pembayaran PPOB (Payment Poin Online Banking) Partner Perbankan, ATM, Internet Banking dan SMS Banking

Anda bisa bayar listrik pascabayar atau beli pulsa listrik untuk prabayar di loket-loket penyuplai jasa PPOB, yakni perbankan yang bekerja bersama dengan PLN lewat ATM, Internet Banking dan SMS Banking. Dengan begitu, pembayarannya langsung akan masuk ke kas PLN secara real time

Melalui e-Commerce

Pemakaian sistem cashless sebagai sistem pembayaran atau dikenali dengan istilah financial technology. Saat ini Anda dapat membayar apa terhitung tagihan listrik tanpa perlu membawa segepok uang kontan di dompet. Tinggal membuka program e-commerce, seperti TravelokaPay, Bukalapak, Tokopedia, OVO, dan yang lain.

Cara Pembayaran Listrik Secara Online

Cara Pembayaran Listrik Secara Online
Cara Pembayaran Listrik Secara Online

Bayar tagihan listrik makin dipermudahkan dengan kehadiran beberapa kanal service. Berikut beberapa cara pembayaran listrik secara online:

1. Cara Pembayaran Tagihan Listrik PLN Online lewat SMS

Dalam masalah ini pembayaran dapat dilaksanakan melalui SMS. Dalam masalah ini Anda harusnya memakai service SMS banking dari bank yang bekerja bersama dengan PLN, seperti Bank Berdikari, BNI, atau BRI. Sebagai contoh, di bawah ini beberapa langkah bayar tagihan listrik PLN melalui SMS Banking Bank Berdikari:

  1. Pilih Message pada Menu Handphone
  2. Tentukan Catat SMS
  3. Tulis BYR PLN <12 digit ID konsumen setia> contoh : BYR PLN 1 547300351523, dan tulis nomor tujuan anda SMS ke 3355
  4. Verifikasi transaksi bisnis
  5. Tulis gabungan PIN yang disuruh dan kirim kembali lagi ke 3355, contoh: PIN 654321 dan PIN yang disuruh ialah PIN ke 6 dan ke 2, karena itu tulis: 15
  6. Verifikasi transaksi berhasil

Untuk cara membayar listrik PLN dari bank lain, silakan check di website bank yang berkaitan.

2. Cara Pembayaran Tagihan Listrik PLN Online lewat Internet Banking

Pembayaran tagihan listrik PLN bisa dilaksanakan secara mudah secara online lewat internet banking. Misalkan lewat BRI internet banking, ketentuannya Anda harus mempunyai account BRI internet banking yang aktif, juga bisa lewat bank yang lain bekerja bersama dengan PLN dengan cara yang serupa. Bila belum mempunyai account BRI internet banking, silahkan lebih dulu di Kantor Bank BRI. Jika sudah mempunyai account BRI internet banking turuti beberapa langkah berikut:

  • Login ke web BRI Internet Banking.

Membuka situs BRI Internet Banking dengan alamat https://ib.bri.co.id, lalu login dengan cara masukkan username, sandi dan code klarifikasi yang ada, turuti beberapa langkah berikut ini:

  • Masuk ke Menu Pembayaran Tagihan Listrik
  • Click menu khusus Pembayaran dan Pembelian yang ada di barisan atas
  • Click menu Pembayaran Tagihan di sisi kiri
  • Click menu Listrik
  • Masukan nomor IDPEL (ID Konsumen setia) rekening PLN
  • Tentukan dari daftar bila anda pernah simpan IDPEL ke daftar atau Tentukan arah pembayaran dan isi IDPEL bila Anda ingin masukkan IDPEL lewat cara manual.
  • Bila Anda ingin simpan nomor IDPEL ke dalam daftar karena itu contreng pertanda “click di sini untuk simpan IDPEL ke dalam daftar Anda.” Isi di kotak “taruh dengan panggilan/nama,” misalkan rekening PLN rumah atau kantor.
  • Pencet kirim
  • Verifikasi Pembayaran Tagihan Listrik
  • Masukan sandi BRI internet banking Anda
  • Masukan code m-Token
  • Click kirim
  • Bila Anda belum mempunyai m-Token yang aktif, karena itu click link keinginan m-Token, nantikan sesaat sampai ada SMS dari BRI yang mengirim m-Token, yakinkan Anda mempunyai pulsa minimum Rp1.000, karena keinginan m-Token umumnya dikenakan biaya sejumlah Rp500. Satu SMS m-Token berisi lima code yang bisa dipakai.
  • Transaksi bisnis Pembayaran Tagihan Listrik Sukses (bila pembayaran sudah sukses dibayarkan, maka diperlihatkan halaman tanda terima pembayaran tagihan listrik).
  • Log out.

Yakinkan untuk click menu log out (di sudut atas kanan) sesudah Anda lakukan transaksi bisnis internet banking untuk keamanan account Anda.

3. Cara Pembayaran Tagihan Listrik PLN Online lewat ATM

Untuk Anda yang ingin bayar tagihan listrik bulanan, saat sebelum ke arah ATM untuk bayar tagihan listrik, seharusnya check dulu jumlah tagihan yang perlu dibayarkan, dengan cara turuti beberapa langkah berikut:

  • Persiapkan kuitansi atau nomor IDPEL.
  • Tentukan menu pembayaran.
  • Tentukan Listrik/PLN.
  • Tentukan Listrik pascabayar.
  • Masukan 12 digit nomor ID konsumen setia/IDPEL.
  • Akan ada semua info, baik nama konsumen setia dan jumlah yang perlu Anda bayar ditambahkan biaya administrasi, umumnya Rp3.000.
  • Paling akhir hanya click bayar.

4. Bayar Listrik lewat e-Commerce

Berikut cara membayar tagihan listrik PLN online di Bukalapak:

  • Langkah awal, Anda dapat menyiapkan nomor mtr. atau ID konsumen setia Anda.
  • Lalu membuka Bukalapak baik lewat desktop atau mobile, selanjutnya tentukan pilihan Tagihan Listrik.
  • Masukan 12 nomor ID konsumen setia atau nomor mtr..
  • Click Membeli dan Anda masuk atau log-in account Bukalapak Anda.
  • Bila Anda belum mempunyai account Bukalapak, selekasnya buat account Bukalapak lebih dulu
  • Saat Anda bayar tagihan listrik di Bukalapak, secara automatis tercantum nominal yang perlu Anda bayarkan, terhitung denda (jika ada).

Untuk bayar tagihan listrik PLN online di Tokopedia di handphone atau computer, yakni:

  1. Buka situs Tokopedia Hebat Up dan Tagihan.
  2. Click menu “Listrik PLN”.
  3. Tentukan Tipe Produk Listrik: Tagihan Listrik.
  4. Masukan No. Mtr./Konsumen setia Anda.
  5. Click “Lanjut”.
  6. Kemudian, perincian akan automatis ada (bila nomor konsumen setia yang Anda masukan betul).
  7. Bila dirasakan semua sudah betul, click pilihan bayar.
  8. Tentukan sistem pembayaran yang diharapkan

Sistem di Tokopedia akan selekasnya mengolah pembayaran cicilan Anda dan mengirim pemberitahuan pembayaran sukses dilaksanakan.

Manfaatkan Fasilitas Bayar Listrik Online

Penutup

Bagaimana mudah kan membayar tagihan listrik kapanpun anda pasti bisa, demikian info yang dapat berkenaan cara membayar tagihan listrik secara online, yang memberinya keringanan untuk konsumen setianya. Dengan manfaatkan cara pembayaran online, Anda akan makin efektif waktu. Mudah-mudahan bisa menolong dan memberinya faedah.

Ali Shofi'in
Nama Saya Ali Shofi'in Semasa SMK saya Mengambil Jurusan MM (MULTIMEDIA) di SMK ISLAM DATUK SINGARAJA
%d blogger menyukai ini: