Maaf, kami mendeteksi ekstensi Adblocker di browser Anda sedang aktif!
Atau Anda tidak mengaktifkan Javascript. Harap nonaktifkan ekstensi Adblocker Anda![ Refresh ]

Penyebab Dan Cara Mengatasi Android Mati Sendiri

konten utama tarunajati news copy

Bagaimana Cara Mengatasi Android Mati Sendiri – Sudah pernahkah anda mengalami saat sedang asyik bermain ponsel android tetapi mendadak mati sendiri? Pasti benar-benar menyebalkan, Anda harus segera cari tahu apa penyebabnya dan langkah untuk menangani android yang re-start sendiri.

Cukup banyak pemakai ponsel android yang mengalami mati sendiri. Ini sudah pasti akan mengganggu jika kita sedang melakukan kegiatan bermain games online atau sedang mengerjakan sebuah pekerjaan di ponsel android.

Kasus ini bisa jadi dirasakan kesemua merek ponsel android baik itu dari supplier asus, xiaomi, samsung, oppo, vivo, dan yang lain. Jika anda pun merasakannya, karena itu anda harus ketahui apa pemicu dan langkah menanganinya.

Alasan Kenapa Android Mati Sendiri

Masalahnya ada juga yang mengalami saat ponsel android mereka mendadak mati sendiri, ponsel android tidak bisa hidup kembali. Bahkan juga ada pula yang mengalami ponsel android mati total dan tidak bisa diisi battery.

Tentunya anda tidak mau mengalami hal itu kan? Maka saat ponsel android anda mati atau re-start secara mendadak, anda harus selekasnya cari langkah untuk menanganinya supaya tidak terulang kembali.

Mengapa HP Android Mati Tiba-Tiba?

Kenapa HP Android Mati Tiba Tiba
Kenapa HP Android Mati Tiba Tiba

Ada berbagai faktor mengapa ponsel android dapat mendadak mati sendiri. Untuk menangani HP Android yang re-start sendiri, anda bisa pahami pemicunya lebih dulu di bawah ini.

Status Battery : Ini bisa jadi dikarenakan oleh status baterai error. Misalnya daya baterai 80%, tetapi yang sebetulnya yakni daya baterai sisa 4% saja.

Baterai HP Android : Baterai HP yang telah kedaluwarsa, kemungkinan terjadi kerusakan dalam baterai itu. Baterai sebagai sumber daya dari ponsel, maka bila baterai hancur, maka punya pengaruh.

Komponen HP Hancur : Komponen ponsel android yang telah tua, menjadi pemicu ponsel mati sendiri. Untuk spesifiknya, bisa jadi hancur pada komponen connector, sampai komponen IC.

Banyak File Sampah : Saat anda buka atau jalankan program, mekanisme android menghasilkan file cache. Bila file cache itu menumpuk, karena itu ponsel android berasa lelet, error, force close, macet, sampai mati sendiri secara mendadak.

Buka Aplikasi yang Hancur : Saat anda buka aplikasi yang tampilkan pesan error, HP mulai akan berat, sampai alami re-start sendiri secara mendadak. Program semacam ini, tidak bisa menyamakan dengan perangkat Mekanisme Android, hingga membuat mati sendiri.

Dampak dari Root : Walau lakukan root android kerap disebut punya pengaruh baik untuk performa ponsel android, tetapi dampak dari root akan membuat ponsel anda error dan mati sendiri. Masalahnya saat ponsel android telah di root, karena itu anda bisa melalui batas yang sudah ditetapkan, misalkan anda memasangkan games yang berat dan sebetulnya tidak pas pada ponsel android punya anda.

Kekeliruan Mekanisme Android : Mekanisme pada Android yang error, akan membuat ponsel re-start atau mati sendiri. Ini umum terjadi di ponsel android yang telah di root. Karena ponsel yang telah root mempunyai akses untuk mengganti dan hapus file mekanisme yang berperanan penting.

HP Terlalu Panas (Overheat) : Komponen dalam ponsel android yang lakukan performa berlebihan bisa membuat ponsel panas. Mekanisme android direncanakan supaya lakukan re-start sendiri saat hardware mempunyai temperatur yang panas.

Sesudah anda sudah tahu apa pemicu handphone android yang kerap re-start atau mati sendiri, apa ada satu diantaranya yang terjadi di ponsel anda? Bila iya, berikut sejumlah panduan untuk menangani nya.

Cara Mengatasi HP Android Restart / Mati Sendiri

Membersihkan File Cache

membersihkan  file sampah dari cache dengan teratur supaya performa ponsel android bisa berjalan mulus dan tidak lelet. Jalan keluar ini cukup baik untuk menangani ponsel android yang kerap mati sendiri secara mendadak. Anda bisa memakai fitur pencuci cache bawaan ponsel atau aplikasi dari playstore.

Memperbaiki  Baterai yang Error

Status baterai yang tidak tepat bisa mengakibatkan ponsel mati sendiri. Langkah menanganinya yakni dengan kalibrasi baterai memakai aplikasi Baterai Calibration di Playstore.

Hapus Aplikasi yang Error

Untuk cari tahu aplikasi yang mana error, coba untuk buka aplikasi satu-satu. Bila aplikasi berpesan error atau force close, karena itu aplikasi itu harus dihapus. Cukup pergi ke dalam daftar aplikasi lewat menu penataan, selanjutnya hapus aplikasi itu.

Mengatur Temperatur HP Android

Temperatur panas di HP android kerap karena oleh banyak aplikasi yang jalan yang membuat elemen chipset tidak konstan. Turunkan aplikasi yang terpasang, tidak boleh membuka banyak aplikasi secara bersamaan, dan coba untuk stop mainkan ponsel android anda sesaat.

Kerjakan Unroot Android

Bila ponsel android anda sering mati sendiri sesudah anda melakukan root, karena itu telah dipastikan jika root ialah pemicunya. Anda wajib melakukan unroot pada ponsel android untuk menanganinya.

Instal Aplikasi Antivirus

Instal aplikasi AntiVirus yang sanggup menghapus dan menahan virus android supaya tidak bisa terhubung mekanisme ponsel android anda. Anda bisa memasangkan program Antivirus seperti AVG, AVAST Mobile Security, Bitdefender Antivirus Free, dan yang lain lewat Playstore.

Gunakan Pembersih RAM

RAM yang jalan dengan maksimal bisa mengatur suhu ponsel android masih tetap aman. Anda bisa memakai program pencuci ram dari playstore atau fitur yang ada pada bawaan ponsel anda.

Pakai Memory External

Pemicu ponsel android kerap re-start sendiri secara mendadak yakni karena penyimpanan internal telah penuh . Maka, untuk menanganinya anda bisa memakai memori external untuk area untuk menyimpan alternative file di android anda.

Faktory Reset

Langkah terakhir yang bisa anda coba yakni dengan reset ponsel android. Sistem ini akan membuat ponsel android kembali lagi ke penataan awalnya atau pabrik hingga bisa membuat file mekanisme android kembali seperti baru. Tetapi yakinkan untuk melakukan backup data di android anda terlebih dahulu supaya tidak hilang.

Penutup

Jika beberapa panduan di atas tidak bisa menangani permasalahan pada ponsel android milik anda, karena itu dianjurkan supaya ke servis android, karena kemungkinan besar android anda terjadi kerusakan pada elemen hardware.

Begitu cara mengatasi HP Android sering restart atau mati sendiri secara mendadak. Anda bisa coba beberapa panduan yang telah diterangkan di atas untuk semuanya type android yang anda pakai.

Jika anda mengalami kesusahan untuk menerapkan jalan keluar di atas untuk membuat ponsel android anda bisa bekerja kembali dengan normal, silakan tulisan di kolom komentar. Semoga berguna dan selamat mencoba!

 

You May Also Like