5 Alasan Produk Apple Tidak Laku di Cina (Tiongkok)

Alasan Produk Apple Tidak Laku di Cina Tiongkok
Alasan Produk Apple Tidak Laku di Cina Tiongkok
Alasan Produk Apple Tidak Laku di Cina Tiongkok
Alasan Produk Apple Tidak Laku di Cina Tiongkok

Mengapa produk Apple tidak laku di Cina (Tiongkok)? Pada kali ini, kami akan membahas mengenai beberapa alasan produk Apple tidak laku atau kurang laku di Cina atau Tiongkok. Perlu pembaca tahu bahwa penyebutan negara Cina di Indonesia sekarang sudah berganti ke Tiongkok. Hal ini dikarenakan adanya faktor sejarah. Jadi, kepada pembaca, jangan sampai bingung jika kami menyebut negara Cina/Tiongkok karena 2 kata tersebut mempunyai maksud dan makna yang sama. Yaitu penyebutan suatu negara.

Mengenal Produk Apple

Kita semua tahu bahwa Apple merupakan salah satu perusahaan besar asal Amerika Serikat yang bergerak di bidang teknologi. Adapun beberapa produknya yang terkenal seperti Smartphone dengan merk iPhone, Laptop dengan merk Mac Book, dan Tablet dengan merk iPad. Jadi begini, ada berita salah satu produknya yaitu iPhone yang mengalami penurunan penjualan yang sangat signifikan di Cina.

Alasan Produk Apple Tidak Laku di Cina/ Tiongkok

Perusahaan teknologi nomor satu di dunia ini ternyata mengalami masalah yang cukup besar di Cina sehingga penjualan mereka merosot tajam. Lantas mengapa penjualan produk Apple yang terkenal dengan kualitasnya itu mengalami penurunan? Setelah diselidiki, ada beberapa alasan kuat mengapa produk iPhone mengalami penurunan penjualan di Cina dari 3,2 juta unit menjadi 1,7 juta unit saja. Berikut adalah 5 alasan kenapa Apple tidak laku di Cina.

Baca Juga : Cara Aktivasi Microsoft Office 2016 terbaru Tanpa Product Key

Alasan Produk Apple Tidak Laku di Cina Tiongkok

Alasan Apple tidak laku 1 : Perang Dagang Amerika dan Cina

Kita sudah tau sejak lama bahwa hubungan politik antara Cina dan Amerika Serikat tidak baik semenjak dahulu kala. hal ini semakin memuncak ketika Trump terpilih menjadi presiden. Hubungan antara Cina dan Amerika Serikat semakin merenggang dan berdampak buruk di banyak faktor seperti relasi kenegaraan, politik dan sosial, hingga ekonomi.

Dampak hubungan diplomatik yang memburuk ini menyebabkan Apple kena getahnya. Sebagian besar produk Apple dibuat di Cina dan pemerintah Amerika akan menaikkan pajak untuk barang-barang yang diimpor dari Cina. Sentimen negatif Amerika Serikat kepada Cina ini membuat penduduk Cina tidak mau untuk membeli produk-produk dari Apple.

Alasan Apple tidak laku 2 : Produk Iphone Dianggap Tidak Inovatif

Kamu pasti sudah tahu kalau harga iPhone keluaran terbaru memang sangat mahal. misalnya saja Harga resmi iPhone 12 Pro dimulai dari harga Rp18.499.000 dan Rp24.999.000. Sedangkan untuk iPhone 12 Pro Max seharga Rp20.499.000, Rp22.999.000, dan Rp26.999.000. Adapun produk iPhone 12 Pro tersebut belum termasuk charger. Jadi, hanya unit Smartphone saja. Artinya, jika ingin menambah untuk membeli charger tentu harus mengeluarkan uang lagi.

Dengan harga sedemikian mahalnya, produk-produk iPhone dianggap tidak inovatif dan cenderung ketinggalan zaman dibandingkan dengan HP-HP Cina lainnya seperti Huawei, Vivo dan Oppo. Salah satu faktor yang dikeluhkan oleh pengguna iPhone di Cina adalah ketidaksiapan iPhone dalam mengakomodir teknologi 5G, sampai dengan tahun 2020. Padahal, semua produsen handphone Cina sedang berlomba-lomba mengembangkan teknologi 5G.

Baca Juga : 3 Alasan Mengapa Produk Apple Mahal

Alasan Apple tidak laku 3 : Ketatnya Persaingan Ponsel di Cina

iPhone memang tidak merinci berapa penurunan penjualan produk mereka di Cina. Tetapi banyak pihak yang memprediksi bahwa penurunan penjualan Apple di Cina merosot nyaris 20%.

Khusus di Cina saja, posisi Apple turun menjadi peringkat kelima handphone yang paling banyak digunakan. Padahal, beberapa tahun lalu Apple masih menempati urutan ketiga handphone yang paling laku setelah Huawei dan Samsung.

Alasan Apple tidak laku 4 : Larangan Penjualan iPhone Tipe Lama

Pelarangan penjualan iPhone di Cina bukan tanpa sebab. Pelarangan iPhone tipe lama di Cina disebabkan oleh perselisihan antara Qualcomm dan Apple. Qualcomm melaporkan Apple dengan tuduhan pelanggaran hak paten milik Qualcomm. Perseteruan ini sudah berlangsung sejak tahun 2017 dan Qualcomm memenangkan keributan ini.

Baca Juga : Cara Mengunci Aplikasi Di Hp Xiaomi Terbaru 2021 dengan mudah

Alasan Apple tidak laku 5 : Harga Iphone Terlalu Mahal

iPhone memang salah satu produsen HP premium dengan harga yang cukup mahal dan tidak mudah dijangkau oleh semua kalangan. Karena harganya yang terlalu mahal seperti yang saya sebutkan di atas, banyak orang-orang di Cina berfikir ulang untuk membeli iPhone. karena seperti yang sudah disebutkan tadi, produk-produk dari produsen HP lain lebih inovatif dengan harga yang lebih murah.

Bagaimana menurut anda dan demikian pemaparan kami terkait beberapa alasan produk Apple, khususnya Smartphone dengan merk iPhone kurang laku atau penjualannya terus menerus menurun di negeri Cina/ Tiongkok. Semoga artikel kami ini bermanfaat ya…

Ali Shofi'in
Nama Saya Ali Shofi'in Semasa SMK saya Mengambil Jurusan MM (MULTIMEDIA) di SMK ISLAM DATUK SINGARAJA
%d blogger menyukai ini: