Maaf, kami mendeteksi ekstensi Adblocker di browser Anda sedang aktif!
Atau Anda tidak mengaktifkan Javascript. Harap nonaktifkan ekstensi Adblocker Anda![ Refresh ]

Apa Kegunaan dan Manfaat Bawang Merah Untuk Ayam Bangkok Aduan

Manfaat Bawang Merah Untuk Ayam Bangkok Aduan

Taruna Jati News Pemberian dan manfaat bawang merah untuk ayam bangkok aduan menjadi resep temurun untuk kelompok pencinta ayam jago di tanah air. Biasanya bawang dijadikan bumbu masakan, tetapi tahukah anda rupanya manfaat bawang merah ini bagus untuk ayam bangkok aduan.

Tanaman yang ini dapat dipakai sebagai obat beragam penyakit dan bermanfaat tingkatkan kesehatan. Menjaga ayam aduan memanglah tidak gampang, beberapa botoh cenderung pilih pemakaian tanaman herbal jika dibanding dengan beberapa obat kimia karena tingkat keamanannya yang lebih terjaga. Beberapa kandungan yang ada pada bawang merah.

Tidak dapat disangkal, untuk membuat ayam aduan yang berkualitas karena itu dalam soal perawatan kita wajib melakukan usaha lebih optimal. Pada waktu lain kita telah membahas berkenaan faedah bawang putih untuk ayam., Nach berikut ialah manfaat dan faedah bawang merah untuk ayam bangkok yang penting anda ketahui.

Manfaat Bawang Merah Untuk Ayam

Sebagai obat antibiotik

Saat ayam diadu umumnya akan memperoleh beberapa cedera, pemberian bawang merah dapat dijadikan jalan keluar alternatif antibiotik. Bawang merah bisa menahan infeksi pada cedera dan percepat proses pengobatan pada cedera ayam. Triknya irislah bawang merah selanjutnya rendam sama air panas, selanjutnya pakai air rendaman untuk mengkompres cedera ayam.

Sebagai penambah energi

Ayam bangkok aduan dituntut selalu bugar dan sehat. Bawang merah kaya energi yang bermanfaat tingkatkan stamina dan membuat ayam jadi lebih sehat. Dengan energi yang cukup pukulan ayam akan jadi lebih kuat dan tepat.

Mengatasi cacingan

Cacingan ialah penyakit yang disebabkan karena bakteri yang menggangu mekanisme pencernaan dan bisa menghalangi perkembangan ayam. Selainnya memakai buah jambe (pinang), anda bisa juga menangani cacingan dengan memakai bawang merah. Langkah penyembuhannya lumayan gampang, beri potongan atau air rendaman bawang merah ke ayam.

Jaga ketahanan tubuh

Yakin atau mungkin tidak rupanya bawang merah bermanfaat tingkatkan ketahanan tubuh ayam aduan . Maka dengan demikian ayam kecintaan kita tidak gampang sakit dan terbebas dari gempuran virus. Bawang merah kaya kandungan vitamin C hingga bagus untuk tingkatkan ketahanan badan ayam bangkok.

Memperkuat tulang

Tiap 100 g bawang merah memiliki kandungan 2% kalsium yang bagus untuk perkembangan tulang ayam. Sama seperti yang kita mengetahui jika ayam aduan harus memiliki susunan tulang yang kuat dan kuat.

Memperlancar pencernaan

Bawang Merah Dapat Memperlancar pencernaan Ayam
Bawang Merah Dapat Memperlancar pencernaan Ayam

Nach jika ayam aduan kecintaan anda alami permasalahan pada pencernaan, pemberian bawang merah benar-benar efisien untuk menanganinya. Permasalahan pada pencernaan dapat disaksikan dari selera makan ayam yang turun, ayam lemas, buang air besar kapur serta buang air besar darah.

Baca Juga :

Mengatasi penyakit ngorok

Ngorok ialah penyakit yang menyebar dan harus cepat diobati. Umumnya penyakit ini serang unggas karena kondisi suhu udara yang jelek dan karena perkembangan bakteri. Anda dapat cara menyembuhkan penyakit ngorok ayam ini memakai seduhan air bawang merah, atau juga bisa dengan potongan yang langsung diberikan pada ayam.

Menyembuhkan bubul pada ayam

Bubul adalah penyakit yang menyusahkan peternak dan sulit untuk sembuh. Langkah penyembuhan bubul memakai bawang merah cukup unik, pertama tumbuk bawang merah seperlunya, tambah satu sendok minyak goreng, lalu berikan pada kaki ayam yang terserang bubul. Penyembuhan ini harus teratur dilaksanakan sampai bubul lepas dari kaki ayam. Memang untuk menyembuhkan penyakit yang ini diperlukan kesabaran dan ketekunan.

Membentuk tubuh ayam aduan

Ayam aduan harus bertubuh yang bagus, rasanya tidak baik jika ayam aduan terlalu gendut dan terlampau kurus. Kandungan lemak tidak jemu yang ada pada bawang merah bermanfaat menyetabilkan wujud badan ayam aduan.

Cara Memberikan Bawang Merah Pada Ayam

Cara Memberikan Bawang Merah Pada Ayam
Cara Memberikan Bawang Merah Pada Ayam

Kemudian untuk cara memberikan bawang merah ini ada beberapa metode. Maka dari itu akan membantu sekali untuk ayam mudah memakan ataupun mencernanya. Sebab jika diperuntukkan pengobatan, tentunya mencari cara paling efektif bagi ayam dengan bawang merah ini.

Secara sekilas memang begitu mudah, tapi untuk fakta dilapangannya ini yang mesti kita terus pelajari. Tujuannya ialah mencari informasi cara pemberian yang cepat dan tepat, daripada semakin penasaran yuk simak daftarnya dibawah berikut.

  • Memberikan bawang merah langsung
  • Mengolahnya dengan jamu ayam aduan
  • Mencampurkan bawang merah sama air minum ayam
  • Mengusapkan ke bagian badan/luka ayam

Dosis Pemberian Bawang Merah untuk Ayam Aduan

Penggunaan bawang merah juga tidak lepas dengan dosis atau batasan yang aman. Tujuannya dengan cara seperti ini kita dapat mengatur sedemikian rupa agar khasiat dari bawang bisa maksimal tanpa menimbulkan efek buruk bagi tubuh ayam aduan.

Mungkin dari teman-teman belum banyak yang mengetahui dari dosis yang dianjukan diberikan pada ayam setiap pemberiannya. Misalkan dari anak ayam hingga ayam dewasa. Jikan benar demikian, maka akan kami berikan informasi lengkapnya.

Takaran paling bagus untuk ayam dewasa yaitu 1 siung sementara hendak diberikan pada ayam dibawah 3 bulan alangkah baiknya dengan dosis 1/4-1/2 siung bawang merah. Jadi antara tubuh dan sistem pencernaan ayam bisa lebih akurat ketika takarannya pas.

Metode ini dapat sobat aplikasikan untuk ayam baru menetas sampai ayam dewasa. Hanya saja pemberiannya harus sobat perhatikan karena DOC ayam belum bisa mengkonsumi yang macam-macam. Alhasil masih ada tips yang lebih cocok untuk dosis ataupun pemberiannya. Jika sobat masih kurang tau, yuk lanjutkan ke penjelasan berikutnya ini.

Penutup

Pada intinya beberapa bahan tradisonal lebih aman jika dibanding berbahan kimia. Pemberian bawang merah untuk ayam bangkok aduan sebagai alternative yang lebih aman jika dibanding pemakaian obat kimia. Kata akhir dari kami, mudah-mudahan artikel tentang manfaat bawang mewah untuk ayam aduan ini berguna untuk rekan-rekan pecinta ayam jago di Indonesia.

Manfaat Bawang Merah Untuk Ayam Bangkok Aduan
Next Post

No more post

You May Also Like