5 Cara Merawat Anak Ayam Bangkok Agar Cepat Besar dan Sehat

Cara Merawat Anak Ayam Bangkok Agar Cepat Besar
Tips Mudah Merawat Anak Ayam Bangkok Agar Cepat Besar

Bagaimana Cara Merawat Anak Ayam Bangkok Agar Cepat Besar – Dalam merawat anak ayam bangkok yang baru menetas ada banyak poin utama yang penting anda kerjakan. Pada periode awalnya ini ialah seorang peternak sebaiknya cermat dan janganlah sampai lakukan kekeliruan pada proses perawatan karena bisa punya pengaruh pada perkembangan anak ayam.

Arah khusus dari perawatan yakni agar anak ayam bisa cepat tumbuh besar dan capai ukuran bagus. Beberapa point utama yang anda sebaiknya lihat adalah terkadang anak ayam, pakan, vaksin dan tehnik perawatan yang benar dan baik.

Merawat Anak Ayam Bangkok Pada umumnya unggas akan mengerami telur sampai anak ayam menetas lebih kurang memerlukan waktu 21 hari. Pada tahapan ini seharusnya tidak boleh dipandang sepele, anak ayam benar-benar membutuhkan perhatian khusus karena rawan pada kematian.

Berikut ialah cara ampuh merawat anak ayam bangkok agar cepat besar:

Cara Merawat Anak Ayam Bangkok Agar Cepat Besar
Tips Mudah Merawat Anak Ayam Bangkok Agar Cepat Besar

1. Tips memisahkan anak ayam dari induknya

Ada banyak poin utama yang penting jadi perhatian saat pisahkan anak ayam dari induknya, yakni :

  • Lakukan pembelahan sejak awal kali di antara anakan ayam bangkok dengan indukannya.
    Anakan ayam bangkok upayakan dipindah atau ditempatkan pada kandang / box yang ada lampu. Ini supaya ayam berasa hangat dan temperatur bisa stabil.
  • Pastikan anak ayam langsung dipisah dari induknya saat baru menetas. Janganlah sampai terlewat, karena jika kelamaan bersama si induk dan anak dipisah maka membuat induk ayam jadi depresi.
  • Selanjutnya sistem untuk menahan induk ayam agar tidak depresi sesudah dipisah dengan anaknya ialah degan dimandikan. Ini bermanfaat membersikan induk ayam dari kutu dan bersihkan semua anggota badan ayam.

2. Membuat kandang anak ayam yang baru menetas

Poin utama saat membuat kandang untuk anak ayam yakni kenyamanan dan kandang harus hangat. Kandang untuk anak ayam bangkok biasa disebutkan dengan kandang bok. Nach jika tidak mau ribet anda dapat menggunakan kardus mie intan untuk kandang sebentar.

Beri lampu untuk anak ayam

  • Anda dapat memakai lampu pijar 5-10 watt untuk pencahayaan dan sebagai penghangat kandang. selanjutnya lihat jarak di antara ayam dengan lampu. Lampu benar-benar dibutuhkan supaya anak ayam dapat konsumsi minuman dan makanan saat malam hari.
  • Dengan demikian ayam semakin lebih cepat besar dibanding anak ayam yang cuman aktif pada siang hari. Disamping itu pencahayaan lampu juga bisa berperan sebagai penghangat untuk ayam.

Makanan anak ayam bangkok

  • Pakan sebagai keperluan yang harus disiapkan saat merawat ayam bangkok. Untuk anak ayam seharusnya beri pakan dengan struktur yang lunak, contoh voor (konsentrat), nasi dan dedak. Seterusnya yang juga sangat penting ialah keperluan minuman yang harus tercukupi, dan beri asupan vitamin seperti minyak ikan dan vit B komplek.
Cara Merawat Anak Ayam Bangkok Agar Cepat Besar
Cara Mudah Merawat Anak Ayam Bangkok Agar Cepat Besar

3. Tips Agar anak ayam bangkok yang baru menetas tidak terserang penyakit

  • Beri konsumsi nutrisi yang cukup ke anak ayam berupa pakan dan minuman berkualitas.
  • Beri konsumsi vitamin dan vaksin yang cukup, dan beri obat untuk pencegahan penyakit seperti anti snot atau bubuk tetra.
  • Selalu teratur jaga kebersihan kandang anak ayam.
  • Jauhkan anak ayam dari ayam dewasa yang galak supaya tidak stres.
  • Saat pagi hari, upayakan supaya anakan ayam bangkok terserang cahaya matahari agar memberi kemampuan dalam tubuh anakan ayam bangkok dan membuat otto secara maksimal.
  • Jaga selalu kebersihan kandang supaya terbebas dari hama, kutu dan penyakit ayam yang lain.
  • Hal yang lain penting diingat ialah factor turunan, upayakan Anda mengerti indukan ayam bangkok itu.
  • Bila indukan bentuknya kecil, karena itu menjadi besar ukuran 7 8 sedikit susah.

Memanglah tidak mudah untuk membuat ayam aduan yang berkualitas. Salah satunya faktor yang paling tentukan kualitas ayam bangkok ialah pola perawatan anak ayam saat baru menetas. Nach dalam masalah ini tentunya semua peternak selalu mengharap ayam peliharaannya dapat cepat besar, semoga artikel dari kami tentang Cara Merawat Anak Ayam Bangkok Agar Cepat Besar dapat bermanfaat selamat mencoba bagi anda yang sedang mulai usaha bisnis ternak ayam bangkok.

%d blogger menyukai ini: