10 Foto Pulau Panjang Jepara Jawa Tengah dan Biaya Tiket Masuk Wisata Pantai

Foto Pulau Panjang Jepara Jawa Tengah
Foto Pulau Panjang Jepara Jawa Tengah

Wisata Pulau Panjang Jepara – Bicara tentang Jepara tentu saja anda ingat tentang bencana tenggelamnya KM Johnson di Perta Lomban pada 16 Agustus 2013 lalu.

Kejadian kecelakaan kapal itu sebagai yang pertama kalinya dan membuat Jepara bersedih dan alami trauma. Walau sebenarnya saat itu wisata Lomban jadi unggulan kota ini.

Akhirnya ketertarikan pelancong turun drastis, umumnya dari mereka berasa takut jika menyeberang dan perahu yang ditumpanginya kebalik lalu tenggelam.

Tidak cuman wisatawan, nelayan juga mangkir berlayar. Sampai sekarang peristiwa tersebut tersisa mistis yang belum terpecahkan.

Perlu waktu yang lama untuk hidupkan kembali nafsu wisatawan karena itu pemda sukses menarik kembali ketertarikan pelancong lewat tujuan wisata yang mengagumkan cantik.

Mengenal Pulau Panjang Jepara

Foto Pulau Panjang Jepara Jawa Tengah
Foto Pulau Panjang Jepara Jawa Tengah

Lokasi : Pantai Kartini, Kecamatan Jepara, Jawa tengah.
Google Maps: Click di sini
HTM: Rp. 20.000 (Tiket penyebrangan Per Orang)
Buka/Tutup:
Telephone:

Nach, bila sejauh ini Jepara dikenali dengan Karimunjawa yang paling cantik dan menarik rupanya masihlah ada mutiara yang lain yang tidak kalah cantik namanya yaitu Pulau Panjang.

Pulau itu letak wilayahnya masuk ke Kelurahan Ujung Batu, Kecamatan Jepara, Jawa tengah.

Foto di Pantai Pulau Panjang Jepara
Foto By @halojepara

Pulau Panjang bersebelahan langsung dengan Laut Jawa di samping timur sementara samping selatan dan barat bersebelahan dengan Jepara dan di samping utara bersebelahan dengah Karimunjawa.

Berbeda dengan Karimunjawa yang telah terkenal, Pulau Panjang ini belum juga kedengar gemanya hingga tidak banyak wisatawan yang tiba sekedar untuk nikmati keindahan alamnya.

Tidaklah aneh jika Pulau Panjang tersebut dipanggil sebagai Virgin Island dan salah satunya surga terselinap dengan pemandangan demikian memesona.

Baca Juga : Wisata Baru Glaggah Wangi Mangrove Dengan Spot Hutan Mangrove di Jepara

Sejarah Pulau Panjang di Jepara City

Foto di Pantai Pulau Panjang Jepara
Foto By @jeparasquad

Saat sebelum merasakan surga dunia yang disuguhi di Pulau Panjang sebaiknya untuk ketahui sepotong riwayat pulau ini.

Pulau Panjang diketemukan pertama kalinya dengan seorang Syekh bernama Abu Bakar Bin Yahya Ba’alawy. Beliau dikenali sebagai seorang penyebar agama Islam khususnya di Jepara.

Tidaklah aneh bila setelah meninggal dunia Syekh Abu Bakar bin Yahya Ba’alawy disemayamkan di Pulau Panjang.

Karena jumlahnya beberapa orang yang tiba untuk berziarah karena itu area makam dilengkap dengan sebuah mushola, pendopo dan kamar mandi.

Hal itu dilaksanakan supaya peziarah semakin nyaman dan khusyu saat memanjatkan doa untuk almarhum.

Keindahan Pulau Panjang

Berada di Pulau Panjang, Anda akan merasakan kesan yang lain. Udara demikian bersih, situasinya juga benar-benar asri.

Foto di Pantai Pulau Panjang Jepara
Foto By @bun_fifi

Maklum di pulau ini ada rimba tropis yang tidak sedemikian besar, tetapi banyak oleh pohon-pohonan yang lebat kembali teduh.

Ada beberapa tipe pohon yang ditanamkan di sini, tetapi yang paling memimpin ialah pohon randu, stigi, dewandaru, asem jawa, dadap dan pohon pinus berumur beberapa ratus tahun pada bagian timur.

Area ini juga pas untuk lakukan penelusuran malam untuk nikmati situasi alam yang demikian sunyi dan sepi.

Dapat disebut kawasan ini pas untuk Anda pencinta tracking dan rintangan. Medannya tidak berat hingga aman untuk beberapa pemula, ditambahkan karena ada paving blok yang mempermudah beberapa wisatawan.

Waktu beberapa jam tidak akan berasa saat Anda tengah asyik melingkari keindahan Pulau Panjang itu.

Pulau Panjang juga mempunyai sebuah pantai dengan hamparan pasir putih yang elok dan halus saat diinjak.

Foto di Pantai Pulau Panjang Jepara
Foto By @haii.nai

Ombaknya bergulung dengan rileks seolah-olah malas untuk capai bibir pantai. Di sini Anda dapat bermain air dengan senang serta dapat berenang karena ombaknya berteman.

Tidak cuman hanya itu ada kegiatan yang lain tidak kalah membahagiakan percaya bermain watersport seperti diving dan snorkeling. Bila jemu Anda dapat bermain dengan kano untuk nikmati keindahan pantai di Pulau Panjang ini.

Di sini Anda tidak perlu cemas kulit akan terbakar matahari karena banyak beberapa pohon teduh yang berdiri kuat untuk berlindung.

Tidak itu saja ada pula tempat beristirahat sederhana beratap genting dengan bangku kayu yang cukup nyaman untuk dipakai sekarang ini juga adanya tambahan gazebo baru untuk wisatawan supaya lebih nyaman.

Airnya yang demikian jernih membuat Anda bisa menyaksikan dunia bawah laut yang memesona dari atas.

Walau tidak menyelam, Anda juga bisa menyaksikan keindahan terumbu karang sebagai bintang pada tempat ini.

Bila suntuk, Anda dapat tiduran rileks sambil nikmati panorama alam sekitaran didampingi deburan ombak dan angin sepoi. Udara yang sejuk kontras dengan teriknya matahari yang menyengat.

Foto di Pantai Pulau Panjang Jepara
Foto By @halojepara

Lihatlah keelokan di sejauh pantai di mana terdapat beberapa pohon peneduh yang akarnya menjuntai sampai ke laut.

Benar-benar cantik bahkan juga karena sangat cantiknya banyak wisatawan yang sengaja ambil foto di sini untuk dibagi ke halaman media sosial miliknya seperti facebook, twitter dan instagram.

Tunggu sampai matahari tenggelam karena peristiwa ini benar-benar khusus. Warna yang berpendar keemasan di atas langit benar-benar cantik. Rasanya seperti Anda tidak lagi menjejakan kaki di tanah.

Karena ada pusara Syekh Abu Bakan bin Yahya Ba’alawy anda juga bisa lakukan wisata religius.

Akan lebih bagus tiba bertandang saat bulan Muharam datang karena situasi demikian ramai dipenuhi peziarah dari beragam wilayah baik sekitaran Jepara atau luar kota seperti dari Bandung, Serang Banten, Kepulauan Seribu dan Bogor.

Bahkan juga ada peziarah yang dari luar pulau Jawa seperti rombongan dari Pasaman, Batam, Lampung dan Kalimatan Timur.

Foto di Pantai Pulau Panjang Jepara
Foto By @halojepara

Sayang, keindahan Pulau Panjang jadi kurang lengkap karena belum ada sarana umum yang oke seperti penginapan atau hotel, tapi anda tidak usah khawatir adanya tempat basecamp bisa anda nikmati di dekat pintu masuk.

Dengan begitu wisatawan yang ingin habiskan watu semakin lama di pulau ini juga harus gigit jemari karena tidak bisa bermalam kalau tidak membawa peralatan camp.

Tetapi, bila Anda betul-betul ingin habiskan tadi malam jemu pada tempat ini pelancong dibolehkan untuk melangsungkan tenda. Benar-benar membahagiakan lakukan camping di ruangan terbuka, bersatu bersama alam.

Sekalian merebahkan diri coba dengar dan rasakanlah suara alam di saat malam dengan bintang-bintang bertaburan di langit dihias debur ombak yang merusak kesunyian.

Bila Anda bersama rekan coba untuk menyemarakan situasi dengan bermain gitar sekalian menyanyi atau menari melingkari api unggun yang menghangatkan badan dari dinginnya si bayu.

Habiskan malam anda dengan pesta barbeque sekalian menanti timbulnya matahari di ufuk timur.

Tidak boleh terlewat peristiwa ini karena keelokannya benar-benar mengangumkan, membuat anda berdecak.

Walau tidak ada pemondokan, tetapi Anda tidak perlu cemas karena di situ ada wc umum yang bisa dipakai untuk bersihkan diri.

Ada pula mushola dan cafetaria dan air berkah yang kabarnya menurut mitos dipercayai bawa kesehatan serta keselamatan.

Disamping itu ada penjaga pusara hingga Anda tidak betul-betul sendiri saat bertandang ke Pulau Panjang ini.

Tetapi saat memijakkan kaki di sini Anda harus dapat jaga etika dengan tidak buang sampah asal-asalan supaya keasrian dan kebersihan Pulau Panjang selalu terlindungi.

Foto di Pantai Pulau Panjang Jepara
Foto By @anggaardani

Janganlah sampai kekayaan alam yang diberi Tuhan rusak pada tangan beberapa manusia yang tidak bertanggungjawab.

Akan lebih bagus sepanjang lakukan camping anda betul-betul terlepas dari handphone, kesannya tentu berasa seolah betul-betul back to nature.

Cicipi saja hari tanpa handphone dan tetek bengeknya. Rasakan kesan seperti kembali lagi ke periode saat sebelum tehnologi kuasai faktor kehidupan manusia dan membuat segala hal gampang.

Rute Jalan Ke arah Lokasi

Pulau Panjang ini sebetulnya berada sekitaran 2.5 km jauhnya dari Pantai Kartini arah Barat. Bila dari kota Semarang jarak yang dilakukan ialah sepanjang 75.8 km.

Foto di Pantai Pulau Panjang Jepara
Foto By @halojepara

Lokasinya juga gampang untuk dijangkau dan diketemukan karena untuk capai Pulau Panjang ini anda harus seberang lewat Pantai Kartini, Pantai Teluk Awur, Pantai Prawean atau Pantai Bandengan.

Adapun jalur yang bisa anda menempuh untuk sampai ke Pulau Panjang diantaranya seperti berikut:

Jalur ke Pantai Kartini dari Terminal Bis Jepara: Arah tenggara-Jalan M.T. Haryono-Belok Kanan-Belok Kanan ke Jalan A. E Suryani-Lurus-Belok Kiri-Jalan Dermaga Kartini-Belok Kiri-Pantai Jepara.

Jalur ke Pantai Bandengan dari Terminal Bis Jepara: Arah barat laut-Jalan Pasar Burung Jepara-Belok Kanan-Tetap di Jalan Pasar Burung Jepara-Belok kiri ke Jalan Cik Lanang-Belok kanan ke Jalan CT Winarso-alan langsung ke Jembaran Cinta-Belok kiri ke Jalan Tirto Samudro-Pantai Bandengan.

Sementara untuk Anda yang dari luar kota ada banyak jalur yang dapat dipakai untuk sampai di Jepara salah satunya:

Jalur dari Semarang: Jalan Durian Barat-Jalan Tentara Pelajar-Jalan Tol Tanjungmas-Srondol-Jalan Kudus-Semarang-Jalan Raya Tuban-Semarang-Jalan Raya Dema-Welahan-Jalan Raya Welahan-Jalan Demak-Welahan-Jalan Jepara-Kudus-Jepara.

Jalur dari Yogyakarta: Jalan Hayam Wuruk – Jalan Pakungingratan – Jalan Magelang-Purworejo – Jalan Semarang-Yogyakarta – Jalan Yogyakarta-Magelang di Sendangadi – Jalan Magelang – Jalan Candimulyo – Jalan Magelang-Kopeng – Jalan Raya Salatiga – Jalan Lingkar Selatan Salatiga.

Lalu berlanjut ke Jalan Tol Ungaran-Bawen – Jalan Tol Tembalang-Ungaran – Jalan Tol Tanjungmas-Srondol – Jalan Kudus-Semarang – Jalan Raya Demak-Welahan – Jalan Raya Welahan – Jepara.

Jalur dari Serang Banten: Jalan Raya Mancak – Jalan Ukuri – Jalan Pantura – Jalan Tol Merak-Jakarta – Jalan Tol Tangerang-Merak – Jalan Tol Jakarta-Cikampek – Jalan Tol Cikopo-Palimanan – Jalan Gajah Mada – Jalan Pantura – Jepara.

Saat sebelum masuk Pulau Panjang Anda harus bayar ongkos retribusi Sebesar 20.000 rupiah per-orang bila pergi dari Pelabuhan Pantai Kartini.

Beda hal bila pergi dari Pelabuhan Pantai Bandengan, Anda cukup bayar 25 ribu rupiah saja, tetapi sayang tiap pengunjung cuman dikasih waktu cuman 1 jam.

Tiap kapal kayu sanggup mengusung sekitaran 10 sampai 15 orang. Waktu tempuhnya juga singkat cuman 15 menit saja.

Sementara untuk Anda yang mempunyai dana lebih dan tiba kelompok dapat sewa perahu punya nelayan.

Foto di Pantai Pulau Panjang Jepara
Foto By @halojepara

Rerata ongkos sewa yang dikeluarkan sejumlah 100 sampai 200 ribu rupiah bergantung persetujuan. Persiapkan gambar peta atau denah dan kompas untuk memudahkan perjalanan Anda.

Harga Tiket Masuk

Biaya masuk ke Pulau Panjang cuman sejumlah 5000 rupiah saja per-orang. Harga yang berteman untuk nikmati keelokan yang tidak ada tara.

Bila anda mempunyai cukup dana tidak ada kelirunya untuk pelesiran ke Pulau Panjang yang ada di Bangka untuk menyaksikan bagaimana penyu-penyu bertelur.

Dengan keindahan tujuan wisata yang berada di Indonesia dari Sabang sampau Merauke diharap akan sanggup menarik wisawatan di Asia Tenggara terutamanya untuk melebihi Thalaind yang ada di status pucuk pada tahun 2021 ini.

%d blogger menyukai ini: