Memaknai Kemerdekaan 17 Agustus dengan Memerdekan Diri Indonesia

Memaknai Kemerdekaan 17 Agustus
Memaknai Kemerdekaan 17 Agustus 2021

Bagaimana cara Memaknai Kemerdekaan 17 Agustus di Tahun 2021 – Memasuki bulan Agustus tujuannya bangsa Indonesia memasuki riwayat memiliki arti yang mana bangsa Indonesia memberikan laporan diri merdeka atas penjajahan yang berangsur beberapa puluh tahun. Persisnya bersamaan pada 17 Agustus 1945 diisyarati dengan dibacakan dokumen proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia terlepas dari penganiayaan, ketidakadilan, penderitaan atas bangsa lain.

Kita patut mengingati kemerdekaan Indonesia atas proses perjuangan panjang yang di lalui oleh beberapa pahlawan bangsa dan pendahulu- perintis kita. Tapi, apa dengan maklumat kemerdekaan bangsa, kita sudah merdeka atas diri kita. Realitanya kita masih terjajah oleh batin kita sendiri. Sikap rendah diri, teratasi oleh seseorang, tidak bisa jadi diri kita, tinggi hati, menduga benar-benar betul sendiri adalah suatu hal penjajahan yang harus dihilangkan.

Satu hadis berbicara ” Kamu datang dari jihad kecil ke arah jihad besar” . Mereka menanyakan,” Apa jihad besar itu?” Ia bersabda: Mujahadanya seorang hamba pada nafsu.( HR. Angkatan laut(AL) Baihaqi)

Memaknai Kemerdekaan 17 Agustus

Memaknai Kemerdekaan 17 Agustus dengan Memerdekan Indonesia

Perjuangan menantang yang ada di pada diri sendiri adalah hal yang sulit dibandingkan menantang yang ada di luar kita. Dengan semua usaha dan taktik yang masak kita bisa dengan mudah menaklukkannya karena terlihat oleh nyata, tapi bagaimana dengan batin kita?

Jika kita perhatikan peristiwa yang terikat sekarang ini ini ada banyak petinggi yang koruptor bisa saja bisa jadi mereka belum merdeka atas diri kita. Terjerat oleh glamournya dunia, terkekang oleh kendalian beberapa elite politik yang rakus membuat gagasan jernihnya musnah di telan bumi. Mereka seakan lupakan akar dari kemerdekaan tersebut.

Merdeka tidak semata- mata kata yang diagung- mengagungkan saat 17 Agustus, Tapi bagaimana sikap kita bikin lepas dari rasa batin yang terbelenggu. Perjuangan pada disaat ini bukanlah dengan senjata bambu runcing atau senjata api tetapi perjuangan mensterilkan batin diri buat kemerdekaan bangsa sepenuhnya.

Ali
Nama Saya Ali saya penulis di tarunajati.my.id
%d blogger menyukai ini: