Cara Membuat Bingkai Sederhana Undangan di Corel Draw X7

Cara Membuat Bingkai Sederhana Undangan di Corel Draw X7

Cara Membuat Bingkai Sederhana Undangan di Corel Draw X7 – Sama judul di atas, pada posting ini saya akan membagikan pengetahuan yang saya kenali untuk membuat frame yang paling sederhana di Corel Draw X7.

Nah,. Kesempatan ini kita bakal membuat bingkai sederhana yang bisa di terapkan di pembuatan sertifikat atau undangan dengan memakai karakter yang ada di font tulisan lho…! Tidak yakin? Atau ada rekan-rekan yang pernah coba tetapi lupa? Tetapi awalnya, kalau kalian ingin ketahui di mana tempat beli lisensi software Corel Draw, kalian dapat berkunjung situs sah Corel Draw untuk beli produk di Product Corel Draw – Graphic Design Software.

Membuat frame di Corel Draw dengan memakai lambang pada font benar-benar bermanfaat lho kawan-kawan. Ini akan menolong kita yang pemula dan tidak pintar menggambar untuk membuat bermacam contoh menarik. Masalah ini akan mempermudah kita untuk membuat bingkai sendiri dengan bentuk / simbol yang telah ada pada font di netbook / pc kita.

Cara Membuat Bingkai Sederhana Undangan di Corel Draw X7
cara membuat bingkai sederhana dengan corel draw X7

Langkah Membuat Bingkai Sederhana untuk Undangan di Corel Draw X7

Sesungguhnya, langkah untuk membuat bingkai sederhana dengan Corel Draw X7 ini susah-susah gampang sich. Tetapi kuncinya hanya kecermatan saja, jika tidak ada cara yang lewatkan atau di skip, tentu kamu langsung akan ahli dalam membuat frame di Corel Draw ini.

Baik saya akan menerangkan tahapan pembuatannya dengan contoh beberapa tampilan tangkapan monitor yang bisa menolong rekan-rekan agar lebih gampang pahami. Beberapa langkah yang perlu dilaksanakan sebagai berikut:

1. Membuka Corel Draw X7 kamu lebih dulu


Pastikanlah kamu telah memiliki software Corel Draw X7 ya dan yakinkan kamu telah jalankan software ini saat sebelum mengawali panduan ini.

2. Click File > New > dan tentukan ukuran kertas yang kamu ingin.

Dalam menu file yang ada pada bagian pojok atas kiri, pilih menu file lebih dulu. Kalau sudah pilih menu file, tentukan new dan pilih ukuran kertas yang kamu harapkan untuk membuat frame undangan itu. Karena frame ini ukurannya ada bermacam, karena itu pastikanlah kamu telah pilih ukuran yang pas untuk keperluan desain undangan kamu. Kamu dapat meniru ukuran yang berada di Google, karena umumnya banyak kreator yang membagi ukuran design undangan mereka.

3. Click Window > Dockers > Teks > Insert Character

Click menu window yang ada disamping menu help, click dockers, lalu click teks dan insert character untuk berlanjut ke cara selanjutnya. Nanti akan ada penampilan insert character dan nama font seperti gambar di bawah ini.

Cara Membuat Bingkai Sederhana Undangan di Corel Draw X7 1

4. Tentukan Simbol Font yang Kamu Harapkan

Sebagai contoh, saya pilih font bernama wingdings 2 dengan karakter semacam ini. Kalian dapat bebas pilih simbol font apa yang kalian gemari memiliki bentuk untuk dibuat frame di Corel Draw.

Cara Membuat Bingkai Sederhana Undangan di Corel Draw X7 2

5. Lantas Tekan dan Drag karakter yang kamu ingin ke kertas lembar kerja kamu.

Tentukan simbol / karakter font yang kamu gemari lalu pencet, tahan dan ambil simbol itu ke lembar kerja kamu.

Cara Membuat Bingkai Sederhana Undangan di Corel Draw X7 3

6. Selanjutnya kamu bisa mengeklik gambar nya sampai ada seperti frame kecil dengan 6 kotak kecil.

Nach kamu click kotak kecil itu sekalian pencet + di keyboard lalu tahan tombol ctrl dan tarik kotak itu mengarah yang kamu harapkan untuk di melipatgandakan objectnya dan click kanan.

Cara Membuat Bingkai Sederhana Undangan di Corel Draw X7 4

7. Saat kamu telah selesai lakukan step di atas, kamu akan memperoleh hasil semacam ini.

Cara Membuat Bingkai Sederhana Undangan di Corel Draw X7 5

Nach di sini saya berkreatifitas dengan melipatgandakan kotak itu dengan 2 macam ukuran hingga pada gambar di bawah ini ada 3 kotak yang telah saya atur. Selanjutnya saya menyortir ke-3 object itu dan melipatgandakannya sama dalam step 6 barusan.

Cara Membuat Bingkai Sederhana Undangan di Corel Draw X7 6

8. Lantas saya menyortir ke-3 objek itu dan melipatgandakannya sama dalam step 5 awalnya.

Setelah kamu melipatgandakan object itu, kamu bisa mengeklik Ctrl + R sekitar yang kamu ingin dan samakan dengan lembar kertas kamu. Saya melipatgandakan simbol / karakter sampai penuhi helai kerja karena saya inginkan frame yang saya bikin penuhi helai kerjanya. Misalnya seperti gambar di bawah ini.

Cara Membuat Bingkai Sederhana Undangan di Corel Draw X7 7

Nach… Kalau sudah ini kamu tinggal melipatgandakannya pada bagian bawah frame kamu atau segi kanan dan kiri lembar kertas kamu. Pada tampilan di bawah, saya memperkecil ukuran segi kanan dan kiri.

Cara Membuat Bingkai Sederhana Undangan di Corel Draw X7 8

9. Mengubah warna frame dengan click Window > Dockers > Objek Properties

Sesudah jalankan perintah di atas, selanjutnya penyeleksian keseluruhnya objek dan turuti cara di bawah ini yang saya tandai dengan warna merah untuk mengganti warna frame kamu.

Cara Membuat Bingkai Sederhana Undangan di Corel Draw X7 9

10. Finis…..!!!!

Frame simpel untuk undangan dan sertifikat telah kamu buat di Corel Draw X7 dan saat ini tinggal save saja dech frame yang telah kamu buat sendiri. Bila rekan-rekan belum juga ketahui langkah menyimpan, saya pernah membuat panduan mengenai langkah simpan sormat JPG/PNG di Corel Draw pada artikel awalnya.

Cara Membuat Bingkai Sederhana Undangan di Corel Draw X7 10

Demikianlah langkah membuat frame sederhana untuk undangan di Corel Draw X7 yang dapat saya bagi dengan rekan-rekan pembaca semua. Kamu dapat berkunjung artikel menarik yang lain di website ini untuk bermacam panduan menarik mengenai design grafis dan digital art yang pasti akan berguna untuk tingkatkan kemampuan kamu.

Demikian panduan ini hari yang saya berikan di artikel ini. Bila ada yang membuat kamu kebingungan atau mungkin kurang jelas, kamu bisa menanyakan di kolom komentar ya.

Ali Shofi'in
Nama Saya Ali Shofi'in Semasa SMK saya Mengambil Jurusan MM (MULTIMEDIA) di SMK ISLAM DATUK SINGARAJA
%d blogger menyukai ini: