2 Cara Menyimpan File Adobe Ilustrator atau Corel Draw ke Format JPG dan PNG Terbaru

Cara Menyimpan File Adobe Ilustrator atau Corel Draw ke Format JPG dan PNG
Cara Menyimpan File Adobe Ilustrator atau Corel Draw ke Format JPG dan PNG
Cara Menyimpan File Adobe Ilustrator dan Corel Draw

Cara Menyimpan File Adobe Ilustrator atau Corel Draw ke Format JPG dan PNG – Halo rekan-rekan inovatif yang tidak pernah capek dan selalu haus akan pengetahuan baru dalam dunia desain grafis.

Saat sebelum kita masuk dalam cara menyimpan file Adobe Illustrator atau Corel Draw ini, saya ingin memberitahu dengan singkat di mana tempat beli lisensi software ini. Untuk Adobe Illustrator, kalian dapat beli lisensinya di Vektor Graphic Software Adobe Illustrator Product. Sementara untuk membeli lisensi Corel Draw, kalian dapat berkunjung situs resmi corel draw untuk beli software ini di Graphic Design Software Product Corel Draw.

Di zaman yang sekarang telah masuk zaman revolusi industri 4.0 yang paling mengutamakan keutamaan tehnologi dan segalanya yang serba digital terhitung desain grafis dengan semua software nya yang menolong beberapa designer digital. Beberapa software yang umu dikenali oleh orang Indonesia dalam sektor desain salah satunya Adobe Photoshop, Corel Draw dan Adobe Illustrator.

Baca : Cara Menambahkan Font di Photoshop dan Download Font Terbaik

Tentu kenal dengan software yang disebut sebelumnya kan? Atau rekan-rekan yang sama nasib dengan saya yang dahulunya hanya tahu Adobe Photoshop saja dan itu juga sekedar untuk ubah foto yang enteng-ringan saja.

Nach…. Jika di Adobe Photoshop saat kita ingin simpan file kita dengan tekan File > Save as, karena itu kita dapat bebas pilih pola apa yang ingin kita taruh untuk file kita. Tetapi saat kamu pertama kalinya coba Adobe Ilustrator atau Corel Draw, tentu kamu tidak dapat mendapati pola JPG atau PNG untuk simpan file hasil desain kamu.

Cara Menyimpan File Adobe Ilustrator atau Corel Draw ke Format JPG dan PNG

Berikut akan saya beri tahap by step cara menyimpan file di Adobe Illustrator dan Corel Draw supaya kamu dapat simpan file kamu dengan pola umum yang dapat dipakai di beberapa media untuk hasil kreativitas desain digital kamu.

1. Cara menyimpan file di Adobe Illustrator ke format JPG atau PNG

Pertama kalinya memakai Adobe Illustrator dan ingin simpan file di software ini, tentu kita akan ketidaktahuan karena perpanjangan pola untuk simpan gambar tidak ada saat kita lakukan save as. Untuk simpan file dari Adobe Ilustrator ke format JPG dan PNG kamu yang perlu kamu kerjakan ialah:

Cara Menyimpan File Adobe Ilustrator

a. Click Menu File Terlebih Dulu

Tentukan menu file yang ada di bagian atas canvas lembar kerja kita yang ada disamping logo AI (Adobe Illustrator) di bagian atas kiri.


b. Sesudah Click Menu File, Pilih Ekspor

Bila kita telah tekan menu file, karena itu cara setelah itu cari dan pilih kata “Ekspo” lalu tekan opsi itu.

c. Selanjutnya tentukan kembali opsi Ekspor as

Pada gambar di atas, kamu dapat menyaksikan jika saat kita tekan opsi Ekspor, akan keluar kembali opsi baru. Nach… Di sini kita akan pilih “Ekspor As” yang nanti akan memperlihatkan tempat lokasi kita ingin menyimpa file dan bila kita ingin pilih pola / perpanjangan JPG atau PNG dan sebagainya.


d. Kalau sudah, Tentukan pola yang kamu harapkan dan perlukan untuk tersimpan baik itu JPG atau PNG dan ada pola yang lain yang dapat menolong project kamu.

Masih bimbang ? Dapat disaksikan gambar di bawah ini untuk pilih bermacam opsi extensi yang dapat dipakai supaya kamu lebih mudah untuk mengetahui.

Baca : Cara Membuat Bingkai Sederhana

Cara Menyimpan File Adobe Ilustrator

Sudah mengetahui kan saat ini ? Kamu bisa juga simpan pola lainnya sama keperluan kamu.

2. Cara menyimpan file di Corel Draw ke Format JPG atau PNG

Cara untuk membuat file kamu jadi JPG atau PNG di Corel Draw, tidak berbeda jauh dengan Adobe Illustrator yakni dapat dijalankan dengan:

a. Tekan Menu File lebih dulu di Corel Draw

Sama seperti seperti langkah simpan di software AI, kalian dapat pilih menu File yang ada pada bagian pojok atas kiri penampilan software Corel Draw ini.


b. Pencet opsi untuk Ekspor

Sesudah tekan menu file, karena itu tentukan juga “ekspor” pada penampilan kotak yang ada untuk berlanjut ke cara seterusnya.

c. Pencet kembali untuk pilih ekspor as

Bila kita tekan ekspor, karena itu kita harus pilih kembali opsi “ekspor as” supaya kita dapat berlanjut ke step penampilan box yang dipakai untuk pilih perpanjangan atau pola yang kita sukai.

d. Saat penampilan box save keluar, tentukan pola yang kamu harapkan menjadi pola file kamu.

Cara Menyimpan File corel draw

Jika kamu ingin memakai langkah cepat untuk simpan file itu, kamu cukup memencet tombol Ctrl + E > lalu tentukan formatnya seperti yang kamu harapkan dan kamu perlukan.

Penampilannya box untuk savenya kelak akan ada seperti gambar di atas. Bahkan juga pola untuk Adobe Ilustrator ada dan dapat tersimpan dari Corel Draw lho. Lumayan gampang kan?

Nach… Itu sajalah panduan cara menyimpan file Adobe Illustrator atau Corel Draw ke Format JPG dan PNG yang paling berguna buat kamu kenali dan praktikkan. Kalian dapat pilih beragam format dan ekstensi yang kalian harapkan dengan panduan ini hingga kalian bebas memakai file kreasi kalian dimanapun.

Mudah-mudahan bisa berguna dan mempermudah rekan-rekan dalam sesuaikan pola yang disuruh client dengan hasil kreasi kamu yaa. Dan tidak boleh malu untuk berkunjung artikel menarik yang lain sekitar digital art dan desain grafis yang berada di Tarunajati ya Terima Kasih.

Ali Shofi'in
Nama Saya Ali Shofi'in Semasa SMK saya Mengambil Jurusan MM (MULTIMEDIA) di SMK ISLAM DATUK SINGARAJA
%d blogger menyukai ini: