Perbedaan Mode CMYK dan RGB yang Penting untuk di Pahami

Perbedaan Mode CMYK dan RGB
Perbedaan Mode CMYK dan RGB
perbedaan warna CMYK dan RGB

Perbedaan Mode CMYK dan RGB – Adakah dari rekan-rekan pembaca yang belum kenalan sama mode warna RGB dan CMYK? Admin dahulu hanya sekadar tahu saja itu juga karena mata pelajaran seni saat sekolah dahulu, Dan rupanya saat kami sebagai admin mulai kepo dengan dunia desain grafis dan membuat desain gambar, rupanya model warna ini penting manfaatnya dan dapat berpengaruh fatal pada hasil kreasi kamu jika kamu tidak memakainya dengan tepat.

Awalnya admin akan memberitahu dahulu mode warna RGB dan CMYK ini, jika untuk yang baru pertama mengetahui kemungkinan berpikiran ini kode apa ya kan?

Perbedaan Mode CMYK dan RGB
Perbedaan RGB dan CMYK

Jadi saat kamu berkreatifitas di bidang digital, kamu akan memberi warna kreasi kamu secara digital juga, kemungkinan rekan-rekan biasa lihat warna dan mengambil warna dari color swatcher, color wheel atau color slider.

Perbedaan Mode CMYK dan RGB
Color Wheel

Gambar di bawah ini ialah adalah contoh color slider. RGB sendiri merupakan ringkasan dari (R)ed, (G)reen dan (B)lue . Sehingga pada mode RGB ini dasar semua warna nya dari merah, hijau dan biru. Mode RGB bisa kamu pakai untuk kepentingan publikasi digital karena warna RGB sebagai warna addictive yang berpadu dengan layar monitor, tv, ponsel dan laptop yang berlatar gelap.

Perbedaan Mode CMYK dan RGB
Color Swatches

Perbedaan Mode CMYK dan RGB

Sementara mode warna CMYK merupakan singkatan dari (C)yan, (M)agenta, (Y)ellow dan Blac(k) . Sehingga pada mode warna CMYK ini, keempat warna berikut yang bakal dipadukan jadi warna yang lain. Kamu bisa menyaksikan ketidaksamaan berwarna kan? CMYK terlihat mempunyai warna yang paling ceria diperbandingkan dengan mode warna RGB. Ini karena mode CMYK ialah warna substractive yang berperan untuk di satukan dengan latar putih yakni kertas hingga mode CMYK ialah model yang pas untuk kepentingan percetakan. Untuk memperoleh warna yang sama saat kamu cetak karya kamu, tentu dech warna CMYK ini merupakan warna yang paling mendekati dengan yang kamu saksikan di computer kamu. Bila kamu menggunakan mode RGB, hasil cetakan kamu berwarna makin lebih gelap dan pekat.

Perbedaan Mode CMYK dan RGB
Color Slider RGB

Baca :

Tetapi admin, printer saya gunakan mode RGB aman saja tuch warnanya? Tidak salah , Admin sendiri saat pelatihan printernya memang seharusnya mode CMYK baru berwarna bagus, tetapi saat admin coba pada tempat lain rupanya ada printer yang memakai RGB sebagai dasar warnanya. Sesuaikan dengan printer kamu ya

Perbedaan Mode CMYK dan RGB
Color Slider CMYK

Jika kamu ingin mempublikasikan karya kamu di Instagram, Facebook, Twitter dan lain-lain yang umumnya memakai Smartphone, kamu harus memakai mode RGB ya rekan-rekan. Jika tidak kreasi kamu akan terlihat benar-benar berbeda dari yang kamu saksikan di layar monitor kamu.

Ini hasil contoh screenshot dari Handphone admin supaya kamu lebih gampang pahami ketidaksamaan berwarna untuk publikasi digital

1.Mode CMYK pada tampilan HP

Perbedaan Mode CMYK dan RGB

2.Mode RGB pada tampilan HP

Perbedaan Mode CMYK dan RGB

Nach, pada gambar di atas kamu bisa lihat bedanya kan? Saat admin membuat karya di atas, di laptop admin warna yang terlihat pada mode RGB dan CMYK ialah seperti gambar yang nomor 2. Tetapi saat admin mengalihkan gambar itu ke HP, gambar dengan mode warna CMYK terlihat benar-benar cerah serta lebih seperti warna hijau stabilo walau sebenarnya saat admin desain gambar di atas, admin milih warna yang terlihat lebih halus. Dan warna yang sesuai pandangan admin saat di pc dan HP ialah gambar dengan mode warna RGB.

Demikianlah lebih kurang keterangan admin, mudah-mudahan kalian tidak semakin kebingungan ya, dan lebih mudah memahami tentang Warna CMYK dan RGB, Semoga Artikel ini dapat bermanfaat, pastikan jangan lupa tulis pada kolom komentar ya kawanku.

Ali Shofi'in
Nama Saya Ali Shofi'in Semasa SMK saya Mengambil Jurusan MM (MULTIMEDIA) di SMK ISLAM DATUK SINGARAJA
%d blogger menyukai ini: