Maaf, kami mendeteksi ekstensi Adblocker di browser Anda sedang aktif!
Atau Anda tidak mengaktifkan Javascript. Harap nonaktifkan ekstensi Adblocker Anda![ Refresh ]

Ukuran Foto Instagram Terbaru

Ukuran Foto Instagram Terbaru

Berapa Ukuran Foto Instagram Terbaru – Saat sebelum unggah posting di foto, video, atau IGTV, sudah pernahkah anda berpikiran berapakah sih ukuran feed instagram yang dianjurkan? Pertanyaan ini ada dikarenakan oleh hasil foto yang mereka unggah di feed IG jadi tidak pas, buram, blur, pecah, serta terpenggal.

Pasti benar-benar menjengkelkan bukan saat kita telah mempunyai foto atau video yang bagus dan siap unggah ke feed instagram, tetapi hasilnya malah jadi buruk karena buram atau terpenggal?

Yang perlu anda kenali, anda harus penuhi persyaratan instagram baik itu dari sisi dimensi pixel dan faktor rasio foto. Karena jika anda tidak memenuhinya, karena itu hasil posting yang berada di feed instagram akan berbeda dan tidak sesuai aslinya.

Mengatasi Ukuran Foto Instagram Terpotong

Jika anda perhatikan, posting yang dibuat di feed instagram akan berwujud persegi. Karena itu maknanya anda harus memakai foto atau video yang berwujud persegi dengan ukuran yang sama sesuai agar hasil feed di IG tidak terpenggal.

Misalkan jika anda coba unggah foto yang berwujud segi panjang, karena itu foto itu akan terpenggal beberapa agar jadi persegi. Contoh, foto dengan ukuran 1200 x 700 pixel, ingin tidak ingin anda harus menggunting foto itu saat sebelum di unggah ke instagram.

Ukuran Feed Instagram (Foto)

Ukuran Foto di Instagram
Ukuran Foto di Instagram

Anda harus juga memerhatikan ukuran dimensi foto dan video saat sebelum anda unggah ke feed instagram agar foto yang dibuat di feed atau posting tidak blur, buram, atau menyusut kwalitasnya.

Jika anda adalah orang yang benar-benar memerhatikan kualitas feed di account IG punyai anda, karena itu ukuran foto dan video sebagai persyaratan yang harus anda ketahui agar hasil foto yang anda unggah masih tetap bagus dan tidak terpenggal atau buram.

Berikut ukuran foto dan video yang pas untuk instagram:

  • Ukuran Foto Feed Instagram. Foto yang di unggah setidaknya mempunyai minimal 640 x 640 pixel.
  • Atau pakai 1080 x 1080 pixel jika anda ingin kualitas foto yang semakin tinggi.
  • Foto profile mempunyai dimensi yang kecil, tetapi pakai foto dengan minimum 110 x 110 pixel.

Memakai dimensi foto dan video yang tinggi akan membuat hasil posting instagram anda mempunyai kualitas yang bagus. Foto dan video di feed account IG tidak akan kelihatan buram atau blur.

Tambahan: Saat ini anda tidak perlu cemas kembali foto atau video feed instagram terpenggal. Masalahnya instagram dapat sesuaikan ukuran faktor rasio 1:1 (persegi) secara mudah.

ukuran feed vertikal dan landscape instagram
ukuran feed vertikal dan landscape instagram

Hal ini disokong karena timbulnya penampilan feed instagram berbentuk landscape dan vertikal. Untuk ukuran dimensi dan faktor rasio yang dianjurkan, lihat gambar di atas.

Ukuran Feed Instagram (Video)

Sebetulnya, untuk ukuran video Instagram serupa dengan ukuran foto Instagram . Maka agar video tidak blur, karena itu sebaiknya mengunggah video dengan ukuran yang telah diputuskan oleh Instagram.

Untuk video di instagram, berlaku sama dengan foto yakni 640 x 640 atau 1080 x 1080 px. Tetapi sebetulnya anda bisa juga sesuaikan rasio dengan bebas.

Berikut pola dan rasio ukuran feed instagram untuk video dalam Square, Landscape, dan Portrait:

  • Square: Rasio 1:1 dengan ukuran video Instagram 1080 x 1080 px.
  • Landscape: Rasio 1.91:1 dengan ukuran video Instagram 1080 x 608 px.
  • Portrait: Rasio 4:5 dengan ukuran video Instagram 1080 x 1350 px.

Ukuran Video untuk IGTV

Ukuran Video untuk IGTV
Ukuran Video untuk IGTV

Selainnya foto dan video, ada pula posting di IG yang harus juga jadi perhatian ukuran saat sebelum dipublish ke feed instagram, yakni IGTV.

Seperti yang sudah dijumpai, IGTV memungkinkannya anda untuk unggah dan melihat video dengan durasi waktu yang lebih panjang, yakni lebih satu menit.

Dan pertanyaannya adalah, berapakah ukuran video IGTV yang dianjurkan oleh instagram? Untuk memiliki bentuk, anda bebas memakai model potrait atau landscape, tetapi untuk ukuran yang harus jadi perhatian.

Jika anda ingin mengirim video IGTV dengan model landscape, karena itu ukuran yang pas untuk di unggah ke feed instagram yakni 1920 x 1080 px dengan rasio 16:9.

Dan jika anda ingin membuat video IGTV dalam model portrait, dianjurkan untuk atur ukuran sampai 1080 x 1920 px dengan rasio 9:16.

Yakinkan untuk penuhi resolusi itu agar video tidak pecah atau terpenggal. Disamping itu, ukuran yang pas akan membuat video IGTV mempunyai kualitas yang bagus hingga nyaman untuk dilihat.

Ukuran Video untuk Instagram Live

Ukuran Video untuk Instagram Live
Ukuran Video untuk Instagram Live

Instagram live adalah salah satunya posting di IG yang harus juga jadi perhatian saat sebelum dipublish ke feed. Pasalnya dengan ukuran yang tidak sama sesuai akan membuat pemirsa tayangan live itu terusik.

Tersebut mengapa banyak pemakai IG yang menanyakan, berapakah sich ukuran video instagram live?

Saat anda mulai tayangan live instagram, sebetulnya anda dapat atur ukuran. Anda dianjurkan untuk atur kualitas video jadi 720 x 1280 px dengan 30 fps.

Anda dapat mengendalikannya langsung lewat handphone. Untuk memakai laptop, anda memerlukan aplikasi tambahan untuk tingkatkan kualitas video saat anda live di instagram.

Kesimpulan Ukuran Feed IG

Sesuaikan ukuran posting di feed instagram dapat berperanan penting buat anda. Ditambah lagi jika anda memakai instagram sebagai media untuk usaha bisnis anda.

Kualitas posting atau feed instagram menjadi penilaian untuk sebagian orang yang berkunjung profile IG. Penampilan feed yang menarik dan bagus menjadi nilai plus untuk pemilik account instagram itu.

Maka yakinkan apa posting instagram anda telah betul sesuai yang dianjurkan oleh instagram atau memang belum.

Penutup

Begitu pembahasan berkaitan berapakah Ukuran Foto Instagram Terbaru, video, IGTV, dan live IG yang sama sesuai saat sebelum di unggah ke feed instagram. Jika anda alami masalah atau kesusahan berkenaan artikel ini, silakan menanyakan pada kotak kometar di bawah.

You May Also Like