Ide Konten Instagram untuk Bisnis – Instagram benar-benar terkenal di penjuru dunia dan di Indonesia. Bahkan juga Indonesia menempati status ketiga pemakai aktif instargam paling banyak di dunia. Kini makin bertambah yang lebih aktif di Instagram daripada situs yang lain karena jumlahnya konten yang tersedia di Instagram sanggup menampung semua infomasi dan selingan yang diperlukan.
We Are Social melakukan riset dan merasakan jika orang Indonesia rerata habiskan waktu untuk terhubung media sosial selama 2 jam 23 menit setiap hari. Selainnya itu, pemakai aktif sosial media di Indonesia sangat besar sekali yakni sampai 130 juta.
Peristiwa Ramadhan jadikan banyak waktu senggang seorang untuk habiskan waktunya di jagat maya, jadikan akses media sosial pada saat Ramadhan jadi bertambah. Ini ialah kesempatan untuk siapa saja yang akan mempromokan produknya saat Ramadhan di Instagram.
Dengan jumlahnya orang di Instagram jadikan Instagram jadi tempat promosi yang pas untuk meningkatkan bisnis. Instagram dapat jadi sarana beberapa pemilik bisnis untuk mendapatkan konsumen setia baru, berhubungan dengan konsumen dan beberapaya.
Namun menarik followers dan audiens tidak gampang. Mereka tentu saja tidak ingin dibombardir dengan promosi di sana sini. Oleh karena itu tiap posting anda sebaiknya menarik perhatian calon konsumen supaya tidak cuma diisi oleh promosi, namun diisi oleh hal-hal yang dapat melipur pemakai.
Ingat jika alasan mereka terhubung Instagram ialah untuk mencari konten selingan, bukan untuk beli atau hal yang lain . Maka jika posting anda cukup menarik dan melipur, anda akan mendapatkan perhatian lebih.
Namun membuat konten yang menarik tidak gampang. Karena saat anda mengepost, ada juta-an orang yang mengepost di Instagram.
Daftar Isi
Namun kali ini anda tidak perlu khawatir dan bingung ingin mengepost apa. Karena kini tarunajati.my.id telah merangkum beberapa ide konten instagram untuk bisnis.
Behind The Scene
Kemungkinan anda usaha menggambil photo produk yang perfect supaya produk kelihatan menarik. Atau membuat konten untuk Instagram anda. Namun mayoritas orang menyaksikan dari apa yang dibuat dari sebuah foto.
Walau sebenarnya bagaimana proses ambil video atau photo dapat menajadi sebuah konten yang menarik loh. Konten behind the scine disukai tidak cuma behind the scene produk namun bagaimana packing saat sebelum dikirim, bagaimana sebuah produk dibikin dan yang lain.
Selainnya menarik, konten seperti ini menambahkan kredibilitas anda sebagai penjual dan memberikan jika anda sebagai penjual yang jujur. Selainnya itu dapat memperkuat branding anda.
Live Video
Live video Instagram memungkinkannya anda untuk berhubungan dengan beberapa folowers. Dengan begitu anda akan mendapatkan tanggapan saat itu juga. Ini jadikan bis
nis anda makin interaktif dan terikat jalinan emosional dengan beberapa folowers
Ada banyak yang dapat dilaksanakan pada saat melakukan live di Instagram misalkan dengan melakkan ulasan produk yang anda jual, bertanya jawab, dan dialog apa saja yang berkaitan dengan bisnis anda. Anda akan mendapatkan masukan saat itu dapat menawarkan produk dan melakukan penilaian dari masukan beberapa follower.
Even Online (kontes, giveway, dan lainnya)
Salah satunya cara untuk mendapatkan banyak like dan komentar ialah dengan melangsungkan giveway. Ini telah banyak dilaksanakan oleh akun-akun bisnis di Instagram supaya follower mereka berkembang dengan cepat.
Jika anda tertarik melangsungkan giveway, seharusnya beri persyaratan dan ketetapan agar yang turut dapat ikuti even yang anda selenggarakan dengan teratur. Anda dapat membuat kontes dengan imbalan sama sesuai dengan tingkat kesusahannya.
Polling
Instagram mempunyai feature pollling, mengapa tidak memakainya? Dengan melakukan polling, anda mendapatkan respon followers langsung dan hasil polling ini dapat tentukan arah bisnis online anda.
Karena itu penting untuk melakukan polling yang terkait dengan bisnis anda. Misalkan melangsungkan polling untuk pilih produk mana yang seharusnya di-launching nantiya atau promosi mana yang lebih mereka gemari dan lain-lain.
Melakukan kolaborasi dengan Selebgram
Saat Ramadhan, selebgram dengan konten Islami benar-benar aktif memposting hal-hal baru yang menarik. Jika beberapa folowers selebgram tersebut sama sesuai dengan calon konsumen anda, coba untuk berkaloborasi dengan mereka.
Anda dapat meminta untuk memposting produk anda di feed nya atau Instastory mereka. Cara ini benar-benar efisien untk meningkatkan followers, pembelian dan merek awareness.
Tips seputar produk anda
Anda dapat membuat konten berkaitan dengan tips yang terkait dengan produk anda. Misalkan tips pilih produk anda, tips menjaga produk anda, dan lain-lain.
Dengan membuat konten seperti ini, sebenarnya anda kelihatan benar-benar peuli dengan konsumen anda dan tidak melihat konsumen sebagai tempat menambang uang saja.
Dengan membuat beberapa konten ini, account anda telah telihat lebih menarik dimata konsumen dan kelihatan professional.
Memposting hal-hal yang mengaitkan produk dengan Ramadhan
Cara ini telah diaplikasikan oleh banyak perusahaan multinasional. Misalkan anda dapat dengan gampang menyaksikan bagaimana camilan, tehcelup, beberapa obat dan lain-lain dikatikan dengan beribadah, Ramadhan atau puasa yang sebenarnya tidak ada hubungan langsung.
Anda dapat mengaplikasikan hal yang sama. Bikinlah konten yang mengaitkan produk dengan Ramadhan atau lebaran.
Misalkan dengan memakai produk anda, beribadah jadi khusuk, atau jadikan produk anda opsi yang tepat untuk hadiah lebaran, jadikan produk anda makin prima untuk mempersatukan keluarga saat buka dan lain-lain.
Selainnya memercayakan konten, ada hal yang lain yang tidak kalah penting yang tentukan kesuksesan sebah account Instagram mempromokan produknya salah satunya:
Lebih interaktiflah
Dengan jumlahnya feature yang tersedia, telah seharusnya anda manfaatkan untuk mendapatkan hubungan dari pemakai lain. Banyak cara supaya makin interaktif yang bisa dilaksanakan misalkan dengan membuat kuis, poling, dan lain-lain.
Anda dapat membuat selingan beberapa followers yang tengah ngabuburit atau menanti sahur dengan memakai feature quiz. Triknya, kita dapat memberi beberapa opsi dengan jawaban yang telah anda persiapkan.
Memposting pada waktu yang tepat
Waktu yang tepat untuk memposting ialah saat pemakai Instagram tengah aktif dengan jumlah yang banyak bertepatan. Menurut Dwi Andriansyah, saat bulan Ramadhan, kegiatan internet pemakai masuk pucuknya pada jam 03.00 pagi hari yakni pada saat sahur. Selanjutnya aktivitas kembali mencapai puncak pada jam 21.00.
Sediakan informasi bermanfaat
Jadikan Instagram jadi daftar produk dan tempat jualan sangat dibenci mayoritas pemakai. Ingat 80% lebih orang terhubung Instagram dan media sosial ialah untuk mendapati selingan.
Kebalikannya 80% pengunjung marketplace ingin beli. Seharusnya jangan imbangi di antara marketplace dengan Instagram karena Ini sebagai basis dengan peranan yang sangat berlainan sekali.
Oleh karena itu, penting untuk anda untuk membuat konten yang berisi infomasi yang menarik dan bermanfaat untuk beberapa follower anda.
Dewa Eka Prayoga memberi dasar 10 kali posting informasi, 1 kali promosi. Maknanya malah Instagram anda diisi mayoritas oleh konten infomasi dan beberapa konten menarik yang terkait dengan produk.