Cara Sukses Jualan di Instagram – Instagram ialah salah satu tempat jualan.
Cukup banyak yang sanggup menyuap penghasilan yang besar dari media sosial ini dengan cara jualan.
Tetapi tidak sedikit juga yang sangat kesusahan jual bahkan juga cuman satu produk.
Pada artikel kali ini, tarunajati.my.id akan membagi cara sukses jualan di Instagram yang penting dipahami tiap pelaku bisnis online.
Perlu dimengerti jika Instagram ialah media sosial, tempat orang membagi beberapa hal menarik ke rekan-rekan mereka dan ke dunia.
Maka semenjak awalnya anda harus telah mengetahui jika beberapa orang buka Instagram bukan untuk beli, tapi untuk bekerja sosial lewat cara online.
Menurut riset bahkan juga kurang dari 20% orang buka Instagram untuk lakukan jual-beli.
Beda hal dengan marketplace yang memang direncanakan untuk menghadapkan penjual dan konsumen hingga 80-90% orang berkunjung marketpace untuk beli.
Karena argumen begitu, seharusnya dulukanlah untuk jualan di marketplace.
Jika andaikan di marketplace telah anda optimalkan, karena itu pengembangan bisa anda lakukan ke media sosial, salah satunya ialah Instagram.
Instagram ialah media yang bagus untuk jualan karena media online yang satu ini fokus pada content gambar hingga produk yang biasanya fokus gambar akan condong mudah kelihatan dan condong sanggup berkompetisi.
Tujuannya, jika dimarketplace anda akan diberi filter di mana seorang bisa menemukan produk termurah yang ada di marketplace tersebut.
Ini tidak berlaku di Instagram, asal anda sanggup untuk tampil menonjol, anda dapat merampas konsumen setia tanpa perang harga seperti yang dilaksanakan penjual di marketplace yang kadang cuma memberikan keuntungan sedikit orang.
Karena ini ialah media sosial dan bukanlah marketplace, ada pendekatan yang berlainan yang perlu anda lakukan diantaranya;
Daftar Isi
Pilihlah Username yang Branded
Ada beberapa pemikiran saat menentukan username diantaranya;
1. Apakah anda sebagai reseller/ dropship atau sebagai produsen.
2. Apa yang ingin anda benamkan di benak konsumen terhadap produk atau jasa anda.
3. Apakah nama tersebut mudah diingat, ditulis dan disampaikan.
Misalnya jika anda penjual jilbab kurang cocok jika anda memakai username JilbabGatot.
Hal tersebut karena dalam benak konsumen Gatot kedengar maskulin, bewokan, berotot.
Hingga pemberian nama tersebut JilbabGatot akan kedengar aneh.
Pilihlah nama yang sama sesuai, jika anda sudah dapatkan, coba bahas dengan orang paling dekat anda.
Suruhlah untuk menuliskan, melafalkannya dan tanya persepsinya mengenai nama tersebut.
Posting Gambar Produk dengan Kualitas Tinggi
Karena Instagram ialah tempat share content gambar, karena itu salah satu cara mengundang perhatian ialah dengan sediakan gambar yang mempunyai kualitas yang tinggi.
Saya menemukan banyak penjual di Instagram yang jual produk dengan photo sembarangan.
Karena salah satu info khusus konsumen ialah dari gambar, karena itu mereka yang menempatkan photo produk sembarangan di Instagram sebenarnya lakukan kekeliruan yang cukup kronis.
Karena itu untuk memperhitungkan hal tersebut, saya merekomendasikan untuk sedapat mungkin memakai camera dengan kualitas yang tinggi.
Anda tidak perlu beli camera baru untuk mulai jualan di Instagram.
Jika memang anda punyai, pakailah, jika tidak punyai, pakailah camera handphone yang dipunyai.
HP sekarang ini telah memberikan dukungan camera yang sangatlah baik, tetapi minimal kemampuan dasar ambil gambar harus anda kenali.
Sebagus apa saja kualitas camera, jika dengan cara yang salah, hasilnya akan jelek.
Jika anda sudah ambil gambar, ubah sebaik mungkin dan posting.
Ingat, saat posting jangan sembarangan memberi deskripsi, berikut referensi yang saya anjurkan:
Judul Produk
Manfaat produk/ keunggulan produk
Deskripsi detail
Call to action (Membeli saat sebelum kekurangan/ kontak kami/ pesan sekarang)
Hastag yang terkait dengan produk.
Ikuti Prinsip 10 Kali Posting 1 Kali Jualan
Prinsip ini diberikan oleh Dewa Eka Prayoga, ingat prinsip yang telah diterangkan diawalnya?
Pada intinya Instagram ialah tempat membagi konten menarik.
Karena itu bagilah beberapa konten menarik yang masih terkait dengan produk anda.
Misalkan jika anda jual produk jilbab, anda bisa membagi panduan mengenai jilbab, faedah jilbab, cara pilih jilbab, cara menjaga kain jilbab, dan lain-lain.
Dengan content semacam ini, anda akan mendapat banyak followers yang nanti akan menyaksikan produk anda.
Lakukan prinsip ini berapa saja jumlah follower anda, optimal cuma 1 jualan dan 10 kali posting beberapa hal menarik dan berguna.
Hindari Spaming
Orang yang lakukan spaming sering berpikiran jika, jika andaikan lakukan sepam ke 1000 orang, dengan rasio pembelian 1%, maka ada 10 konsumen.
Realitanya tidak segampang itu, bahkan juga spaming cukup beresiko.
Antara bahaya spaming ialah turunnya keyakinan konsumen setia.
Sebagai konsumen setia, terang siapa saja tidak akan ingin memberikan dukungan orang yang lakukan spamming. Jika konsumen setia anda ketahuinya, pasti berasa sedih.
Disamping itu akan berpengaruh pada banned yang dilakukan oleh pihak Instagram.
Ini pasti akan bikin rugi anda. Anda sudah berusaha susah payah membuat account, mempublikasikan produk, tawarkan ke seseorang, selanjutnya itu semua lenyap sekejab karena banned.
Karena itu tidak ada alasan apa saja untuk anda untuk lakukan spamming.
Promosikan Instagram
Kekeliruan umum orang yang mulai jualan di instagram ialah tidak lakukan promo.
Beberapa memandang jika follower akan tiba dengan sendirinya demikian akun dibikin.
Account harus dipropagandakan semaksimal kemungkinan dengan beragam cara.
Promosikanlah account Instagram anda di semua media sosial yang kamu punyai, minimal rekan-rekan anda jadi beberapa orang pertama yang memfollow.
Promosikan di komunitas dialog dan grup yang berkaitan dengan produk yang anda jual.
Bangun Kemitraan
Bangunlah kemitraan atau kerja sama.
Kerja sama yang diartikan ialah dengan ajak seseorang jadi reseller atau dropship produk anda.
Bagaimana jika saya ialah seorang reseller/ dropshiper?
Tidak ada permasalahan.
Anda masih tetap bisa buka reseller/ dropship walau anda ialah seorang reseller/ droshiper juga.
Dengan begitu, usaha anda akan makin naik. Anda tidak kembali cari konsumen setia sedirian, tapi bersama dengan partner kerja sama yang anda bangun.
Endors Influenser Jika Perlu
Influenser ialah beberapa orang yang mempunyai audiens yang banyak hingga lumayan menarik perhatian apa saja yang di-publish sang influencer.
Karenanya, anda pantas untuk menimbang memakai influencer.
Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menemukan influenser yang tepat diantaranya;
Banyak influenser yang tidak memungut bayaran. Influenser cuma inginkan produk yang akan dipropagandakan. Ini semakin lebih mengirit bujet anda.
Misalnya Zanana Chips mengirim Raditya Dika (sesudah berbicara dengan istrinya) dengan 50 paket Zanana Chips.
Disamping itu, Raditya Dika mempublikasikan produk yang banyak itu dengan inovatif hingga mengundang perhatian.
2. Nice yang dibawa influenser cocok dengan produk anda
Simpelnya jika influenser ialah seorang yang memberi panduan make up, anda bisa menawari produk kecantikan bukanlah produk electronic.
Jadi mencari influenser yang cocok dengan produk anda
3. Perhatikan seberapa sering ia diendors
Influenser yang sering diendors akan menyusut dampaknya terhadap produk anda.
Maka cari influenser yang tidak demikian sering di endors.