Cara Menjalankan Kode Python Interpreter dan IDLE Python (Teks Editor Python)

Cara Menjalankan Kode Python

Cara Menjalankan Kode Python – Pada panduan awalnya saya telah mengulas Pengenalan Tentang Python dan Cara Install Python di Windows. Kesempatan ini kita akan coba tes jalankan python apakah sudah berjalan dengan sempurna di windows kita atau ada yang error.

Cara Menjalankan Kode Python
Cara Menjalankan Kode Python Interpreter dan IDLE Python

Cara membuka python melalui menu windows sangat mudah, Silakan anda pencet simbol windows selanjutnya tuliskan python karena itu kelak akan ada beberapa opsi silakan tentukan python 3.9

Menjalankan Kode Python dengan IDLE

Karena itu kemudian akan ada jendela penampilan sama dalam command promt windws (CMD) seperti gambar berikut :

Tampilan Python Interpreter

Pada penampilan di atas kita telah ada langsung dalam penampilan interpreter python.

Untuk pastikan apa python telah jalan secara lancar mari kita tes dengan menulis beberapa perintah python :

print "Selamat Datang"


maka tampilannya bakal jadi di bawah ini :

Menjalankan kode dengan python interpreter

Bila kita mengetikan perintah exit() atau quit(), karena itu aplikasi Python langsung akan tertutup.

Jalankan Python dari Python Interpreter seperti di atas pas untuk menjalankan kode Python yang cepat dan cuman terbagi dalam 1 baris. Berbeda kembali bila kita menulis kode program yang panjang, kita dapat membuat python script atau file python.

Cara menjalankan Python dengan Idle Python


Pada penjelasannya di atas kita telah mengulas menjalankan kode python lewat interpreter python langsung. Dan pada step ini kita akan mengulas bagaimanakah cara menjalankaN python dengan idle python. Apa si itu IDLE ? IDLE sebagai ringkasan dari Integrated Development and Learning Environement. Dalam kata lain IDLE Python ialah text editor atribut dari python. Saat kita meng-install python secara otomatis IDLE akan ikut terinstall pada computer kita.

Untuk buka IDLE python silakan pencet simbol windows selanjutnya tuliskan Python kemdudian tentukan IDLE(Python 3.9)

Tampilan IDLE python

Cara Menjalankan Kode Python dengan IDLE Python (Interactive Mode)


Penampilan awalnya untuk IDLE python sama dengan penampilan interactive model seperti pada atas tetapi di sini memiliki latar belakang putih sedang yang di atas memakai latar belakang hitam.

Cursor “>>>” mengisyaratkan jika kita langsung bisa untuk mengetikan kode python setelah itu python interpreter langsung akan memprosesnya.

Cara Menjalankan Kode Python Melalui IDLE Python (Script Mode)

Kesempatan ini kita akan memakai sebuah keunggulan yang dimilik oleh IDLE Python di mana kita dapat membuat file kode python dan langsung menjalankannya (script mode).

Pertama kita bikin file text baru dengan menujun Menu File -> New File. Selanjutnya bakal tampil text editor yang seperti notepad. Dan disanalah kita akan mengetikan beberapa perintah python sperti berikut

Python Interactive Mode
print("Selamat datang ")
web="Tarunajati.my.id"
print("Kami Sedang Belajar Bahasa Python di "+web)

Saran kode di atas ke IDLE python selanjutnya simpan caranya kita ke arah mene File -> Simpan selanjutnya tetapkan posisi penyimpanan anda, kasih nama filenya dan janganlah lupa diberi format.py contoh contoh saya simpan file saya bernama belajar_python.py.

Sesudah telah sukses tersimpan janganlah lupa untuk jalankan atau me RUN program yang sudah kita bikin triknya silankan ke arah menu Run -> Run Module atau juga bisa langsung dengan mengetikan F5

Run dengan Python

Bila kode python kita sukses di run atau dijalankan karena itu hasilnya akan seperti berikut

Hasil Run Python

Bila kita ingin menambahkan atau mengubah code python kita kemudian klik save lalu tinggal pencet F5 karena itu secara otomatis kode python akan jalan dan tampilkan output sesuai kode yang kita masukan.

Sama seperti yang kita kenali pada ulasan di atas jika IDLE python dapat menjalankan secara interactive mode atau script mode, bagaimana mudah ka cara menjalankan kode python, jangan lupa kamu tulis pada kolom komentar ya.

Ali Shofi'in
Nama Saya Ali Shofi'in Semasa SMK saya Mengambil Jurusan MM (MULTIMEDIA) di SMK ISLAM DATUK SINGARAJA
%d blogger menyukai ini: