Cara Menggunakan Filter di Zoom

cara menggunakan filter di zoom meeting
cara menggunakan filter di zoom meeting
cara menggunakan filter di zoom meeting
cara menggunakan filter di zoom meeting

Cara Menggunakan Filter di Zoom Meeting – Di masa seperti ini wabah global yang terjadi di penjuru dunia menyebabkan lock down besar besaran setiap negara. Semua warga tidak dibolehkan untuk keluar dari rumah terkecuali ada poin utama yang menekan. Ini dilaksanakan sebagai cara penangkalan dari penebaran virus yang menebar dengan cepat sekali. Pemerintahan juga turut turun tangan dalam pengendalian virus ini.

Keadaan semacam ini memaksakan warga untuk mulai lakukan beragam hal dari rumah, khususnya bekerja dan belajar. Sekolah dan kantor sementara ditutup supaya tidak ada orang yang bergabung di satu tempat secara bertepatan.

Dengan demikian, nampaklah tren terbaru yang saat ini dilaksanakan oleh seluruh orang yakni WFH atau Work From Home. Selainnya beberapa karyawan, guru dan siswa diwajibkan untuk lakukan aktivitas belajar mengajarkan lewat internet.

Satu dari media WFH dan evaluasi lewat cara online ialah Zoom. Aplikasi ini memberinya service untuk lakukan panggilan video (video call) dan panggilan suara untuk sebagian orang sekalian. Kita akan mengulas berkenaan aplikasi Zoom dan featurenya lebih detil pada pembahasan ini.

cara memakai filter di zoom meeting

Cara Menggunakan Filter di Zoom Meeting

Bagaimana cara menggunakan Aplikasi Zoom Meeting

Siapakah yang tak pernah dengar mengenai aplikasi Zoom meeting video awalnya? Aplikasi ini benar-benar populer ketika wabah semacam ini. Semua tugas dan kepentingan kantor yang lain seperti meeting dilaksanakan memakai Zoom. Zoom sebetulnya telah ada semenjak tahun 2012 tetapi baru dipakai secara massal oleh warga di penjuru dunia saat wabah pada tahun 2020 dan sampai sekarang 2021.

Aplikasi ini tawarkan beberapa feature dasar dari komunikasi yakni text, voice atau panggilan suara, dan video call atau panggilan video. Kita bisa juga lakukan diskusi terencana dengan mengendalikannya lewat aplikasi itu. Dengan feature sebegitu rupa, kita tak perlu bayar agar bisa nikmati feature – feature dasar ini hingga banyak lembaga yang memakai Zoom sebagai media komunikasi khusus.

Selainnya Zoom, sebetulnya ada banyak aplikasi yang lain yang bisa juga dipakai sebagai media komunikasi langsung banyak, misalnya:

  • Google Meet
  • Discord
  • Whatsapp
  • Facebook
  • Cisco Webex Meetings
  • Adobe Connect
  • gabung.me
  • TimViewer
  • BlueJeans Meetings
  • Dan lain – lain

Walau ada banyak aplikasi dan basis yang sediakan feature sama, nyaris seluruh orang memakai Zoom Meetings. Kalian bahkan bisa saja barusan dengar nama “Cisco Webex Meetings” dan “BlueJeans Meetings” kan? Kenapa Zoom demikian terkenal? Ini akan kita ulas pada pembahasan berikut ini.

Feature Zoom Meeting

cara memakai filter di zoom meeting

Salah satunya basis video call massal yang terpopuler sekarang ini ialah Zoom. Ini karena beberapa feature favorit yang ada didalamnya, yakni:

1. Gratis

Sudah pasti hal khusus yang mengakibatkan reputasi Zoom melesat ialah tidak dikenai ongkos saat penggunaan. Ini jadikan Zoom sebagai aplikasi yang irit untuk mayoritas kelompok dan terus-terusan dipakai tiap hari.

2. Tidak Perlu Abonemen

Walau Zoom sediakan feature berbayar dan abonemen untuk nikmati feature yang lebih banyak, kita tidak diwajibkan untuk bayar untuk nikmati feature – feature dasar dari aplikasi ini. Bahkan juga dengan feature gratis yang dijajakan juga kita bisa lakukan tugas dan evaluasi dengan benar-benar lancar.

3. Ruangan Berbicara Besar

Kemampuan dari anggota yang dapat tergabung pada sebuah ruangan berbicara ialah 1000 orang. Jumlah yang banyak kan? Apa lagi kita cuman membutuhkan sekitaran beberapa puluh saja dalam sekali lakukan diskusi online. Tetapi ini sebagai hal yang bagus untuk lembaga atau perusahaan yang mempunyai pegawai sampai beberapa ratus orang.

4. Kualitas Audio dan Video

Tidak dapat disangkal jika Zoom meeting mempunyai kualitas streaming audio dan video yang baik sekali. Ini bisa kita alami saat melakukan tayangan atau tersambung pada ruangan berbicara, kualitas dari suara dan gambar yang dibuat masih tetap baik walau kadang koneksi internet kita tidak konstan.

5. Ada Pada Beragam Piranti

Zoom bisa dipakai lewat computer, netbook, handphone, tablet, dan piranti atau piranti yang lain yang memberikan dukungan. Mekanisme operasi yang dapat digunakan untuk memakai aplikasi Zoom ialah Windows, Linux, Andriod, dan iOS. Bahkan juga, Zoom bisa juga dipakai lewat browser pada PC seperti Mozilla Firefox dan Google Krom hingga pemakai tak perlu meng-install Zoom lebih dulu untuk memakainya.

Filter Pada Zoom Meeting

Ada satu feature kembali yang memikat dari Zoom yakni feature Filter. Feature ini seperti filter pada sosial media seperti Instagram dan Tiktok. Dengan aktifkan feature ini, kalian dapat menukar background pada penampilan video kalian atau menukar muka kalian dengan watak yang ada. Feature filter ini umumnya dipakai untuk memberinya situasi lain pada penampilan video pemakai karena umumnya pemakai lakukan tayangan di kamar atau ruang masing – masing hingga kelihatan menjemukan.

Filter ini sebagai feature yang ada secara standar, maknanya kalian tak perlu meng-install atau lakukan tambahan aplikasi lain untuk aktifkan. Tetapi, filter pada Zoom yang ada secara standar tentunya mempunyai batas, filter yang ada hanya filter yang ditawari oleh Zoom tersebut.

Oleh karenanya, ada filter di luar aplikasi Zoom yang bisa juga dipakai di saat lakukan panggilan video melalui aplikasi Zoom ini. Filter luar ini umumnya dibikin oleh pengembang individu yang ingin memberinya nuansa baru dalam tatap muka online. Baca pembahasan berikut ini untuk ketahui cara memakainya

Cara Menggunakan Filter di Zoom Meeting (HP Android, iOS dan PC, Netbook)

aplikasi-zoom-meeting

Ada dua tipe filter yang ada pada Zoom meeting, yakni filter standar dan filter tambahan. Filter standar telah ada pada aplikasi Zoom meeting ini sedang filter tambahan membutuhkan aplikasi atau file lain di luar aplikasi Zoom. Untuk memakai filter, turuti beberapa langkah berikut ini:

Filter Standar

  • Berkenaan cara gunakan filter di zoom pertama kalinya silakan membuka aplikasi Zoom pada computer
  • Masuk atau login dengan account kalian, bila tidak, check tray aplikasi di sudut kanan bawah monitor dan click kanan pada ikon Zoom
  • Masuk ke “Settings”
  • Click “Latar belakang dan Filters”
  • Click sisi “Video Filters”
  • Tentukan filter yang kalian harapkan lalu click tombol keluar

Cara yang lain supaya bisa memakai filter zoom meeting, saat kalian sedang ada di ruangan berbicara yang berjalan, kalian dapat aktifkan filter dengan cara berikut ini:

  • Pada sudut kiri bawah monitor, click tombol menu pada Video yang berbentuk pertanda panah ke atas
  • Click menu “Choose Video Filter…”
  • Tentukan filter yang diharapkan lalu click tombol keluar

Secara standar, ada banyak filter yang dapat kalian pakai seperti filter lingkungan atau filter muka. Filter yang ada tidak sedikit tetapi filter bawaan Zoom umumnya kurang memikat buat dipakai.

Filter Lain di Zoom (Aplikasi pihak ke tiga)

Sebagai tambahan, kita dapat memakai filter dari aplikasi pihak ketiga (Third-Party Application) yang tersedia banyak di internet. Untuk filter dari aplikasi pihak ke tiga, kita akan memakai Snap Kamera sebagai contoh. Turuti beberapa langkah berikut ini:

  • Unduh dan install aplikasi Snap Kamera pada halaman resminya.
  • Install Snap Kamera pada computer kalian
  • Lakukan aplikasi Snap Kamera
  • Turuti perintahnya dengan memencet tombol “Next”
  • Tentukan filter yang ingin dipakai, misalnya filter butterfly
  • Click tombol keluar pada Snap Kamera untuk keluarkan aplikasi ini, tidak boleh cemas karena aplikasi ini masih tetap jalan pada latar belakang
  • Membuka Zoom dan masuk ke “Settings”
  • Click menu “Video”
  • Click pada kolom “Kamera” lalu tentukan “Snap Kamera”

Kalian bisa juga mengendalikannya langsung saat ada di ruangan berbicara yang berjalan, triknya ialah:

  • Pada sudut kiri bawah monitor, click tombol menu pada Video yang berbentuk pertanda panah ke atas
  • Di bagian “Select a Kamera”, tentukan “Snap Kamera”

Cara yang paling singkat dengan memencet tombol shortcut pada keyboard yakni Alt + N. Dengan tombol ini, kalian akan ganti model camera dari camera standar (webcam) ke camera aplikasi Snap Kamera.

Cara Menangani Gambar Snap Kamera Tidak Ada

Snap Kamera sebagai aplikasi pihak ketiga yang tidak tersambung langsung ke aplikasi Zoom hingga kita perlu memerhatikan banyak hal. Pertama, kita harus jalankan aplikasi Snap Kamera saat ingin memakainya di Zoom, walau aplikasi Snap Kamera berjalan pada latar belakang. Saat kalian tekan opsi “Quit” di tray aplikasi ada ikon Snap Kamera, gambar yang diperlihatkan pada Zoom ikut juga lenyap.

Yang ke-2 ialah, saat kalian memakai filter baru, umumnya computer kalian akan download lebih dulu file filter itu. Ini mengakibatkan filter yang ingin kalian pakai tidak tampil, tunggu sesaat sampai Snap Kamera sukses download filter itu seutuhnya.

Beberapa Hal Yang Perlu Jadi perhatian Saat Memakai Filter Zoom Meeting

Memakai filter di zoom meeting android atau pc memang menyenangkan, tapi ada banyak hal yang penting kalian ingat saat memakainya. Banyak hal itu ialah:

  • Tidak boleh pakai filter ketika penting seperti meeting atau ujian sekolah. Ini bisa mengusik jalannya tatap muka online yang kalian turuti
  • Tidak boleh pakai filter yang tidak pantas. Walau filter yang ada banyak, kalian tetap harus pilih filter yang mana bisa dipakai dan yang mana jangan dipakai.
  • Pilih filter yang tidak memiliki kandungan SARA. Beberapa filter dibuat untuk penggunaan dengan niat bergurau, tetapi cukup banyak orang yang berasa tersinggung dengan beberapa gurauan misalnya saat menyentuh mengenai SARA. Seharusnya jauhi menggunakan filter semacam ini.
  • Pakai filter sekedarnya saja. Menggunakan filter memang membahagiakan, tetapi saat kita menggunakannya setiap waktu, orang akan jemu dan video kalian tak lagi memikat buat disaksikan oleh seseorang.
  • Yakinkan piranti atau computer yang kalian pakai mempunyai detail yang cukup buat memakai filter. Ini karena pemakaian filter memerlukan hitung mekanisme dan pemrosesan data yang semakin banyak dari streaming umumnya.

Penutup

Demikian pembahasan berkenaan cara menggunakan filter di Zoom meeting. Kalian dapat coba beberapa filter standar bawaan yang ada pada aplikasi Zoom untuk dipakai di kesempatan tertentu. Disamping itu, kalian bisa juga memakai aplikasi pihak ke tiga seperti Snap Kamera untuk memberinya filter dan dampak yang lain yang lebih beragam macam. Mudah-mudahan artikel ini berguna untuk kita semua. Selamat mencoba semoga kamu berhasil.

Ali Shofi'in
Nama Saya Ali Shofi'in Semasa SMK saya Mengambil Jurusan MM (MULTIMEDIA) di SMK ISLAM DATUK SINGARAJA
%d blogger menyukai ini: