Maaf, kami mendeteksi ekstensi Adblocker di browser Anda sedang aktif!
Atau Anda tidak mengaktifkan Javascript. Harap nonaktifkan ekstensi Adblocker Anda![ Refresh ]

Definisi Multimedia Interaktif

Definisi Multimedia Interaktif

Definisi Multimedia Interaktif merupakan proses penyampaian informasi saat ini telah memanfaatkan berbagai macam media. Salah satu media yang digunakan adalah internet, khususnya media sosial. Dalam media sosial terdapat berbagai macam fasilitas untuk menampilkan teks, gambar, animasi, dan audio. Berbagai macam media yang digabungkan dan ditampilkan dalam satu frame ini disebut dengan multimedia. Berdasarkan pengoperasiannya, multimedia dapat dibedakan menjadi dua, yakni multimedia linier dan multimedia interaktif. Pada modul yang kami bahas ini ini, Anda akan dikenalkan lebih mendalam dengan multimedia interaktif.

Pengertian Media Interaktif

Multimedia interaktif adalah pemanfaatan komputer untuk membuat serta menggabungkan teks, gambar, suara, video, dan animasi dengan menggabungkan perangkat-perangkat tertentu yang dapat memungkinkan pengguna melakukan navigasi, berinteraksi, dan berkomunikasi. Selain pengertian tersebut, berikut pengertian multimedia interaktif menurut beberapa ahli.

Pengertian Multimedia Interaktif Menurut Beberapa Ahli

1. Menurut Hofstetter

Multimedia interaktif merupakan pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pengguna melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.

2. Menurut Munir

Multimedia interaktif merupakan sebuah tampilan multimedia yang sudah dirancang oleh perancang atau designer agar tampilannya dapat memenuhi fungsinya, yaitu untuk dapat mengihformasikan pesan dan juga mempunyai interaktivitas ke para penggunanya.

Pada multimedia interaktif, pengguna dapat memilih apa yang diinginkan untuk proses selanjutnya karena dilengkapi dengan alat pengontrol yang dioperasikan oleh pengguna. Dengan adanya interaksi, pengguna tidak hanya melihat atau mendengar (see and hear), tetapi juga melakukan sesuatu, seperti memberikan respons terhadap pertanyaan yang diajukan komputer atau aktif dalam simulasi yang disediakan komputer, di bawah ini merupakan gembar multimedia interaktif yang harus anda ketahui :

Gambar multimedia Interaktif
Gambar multimedia Interaktif

Terdapat beberapa kelebihan multimedia interaktif di antaranya sebagai berikut.

  1. Mampu meningkatkan efektivitas penyampaian dan penerimaan informasi.
  2. Multimedia interaktif merupakan cara yang lengkap untuk mengomunikasikan sesuatu.
  3. Dapat mendorong keterlibatan dan eksplorasi penggunanya.
  4. Memberikan kemudahan penggunaan, terutama bagi pengguna yang masih awam.
  5. Menstimulasi pancaindra, karena bersifatĀ visual.
Definisi Multimedia Interaktif
Previous Post

No more post

You May Also Like

You cannot copy content of this page