Cara Membuat Facebook Fanspage

cara membuat facebook fanspage
cara membuat facebook fanspage

Bagaimana Cara Membuat Facebook Fanspage – Sebagai sosial media dengan basis pengguna facebook yang besar sekali, manfaatkan fanpage Facebook atau halaman Facebook akan memberikan imbas yang besar untuk sebuah usaha.

Tetapi sering, sebagian orang masih salah dalam menggunakan halaman Facebook untuk bisnis. Alih- pindah memakai fanspage, beberapa berasa cukup memakai account profile biasa dan lakukan spam konten berjualan.

Di artikel ini kali, kita akan mengenal lebih jauh apakah itu fanspage, kenapa kita memakainya, cara membuat halaman facebook, dan best practice dalam memakai fanspage untuk bisnis.

Apakah itu Fanspage Facebook

Fanspage Facebook ialah sebuah halaman khusus yang menyuguhkan info tentang sebuah bisnis atau merek. Halaman ini dapat dipakai untuk jualan, share konten menarik, sampai sebagai media branding.

Berlainan dengan facebook individual yang kerap dipakai untuk share kehidupan sehari- hari atau penilaian secara random, konten dalam Fanspage condong lebih teratur.

Orang memakai fanspage untuk mengurus konten mereka secara terukur. Dimulai dari pembelajaran konsumen, konten menarik dan informatif untuk engagement yang lebih bagus, promo dan hard selling.

Manfaat Fanspage untuk Bisnis

Sudah tentu, memiliki fanspage untuk bisnis memiliki banyak faedah. Berikut ialah beberapa yang dapat dirasa langsung :

Jumlah Fans Tidak Terbatas

Berlainan dengan facebook individual yang terbatasi 5000 persahabatan, facebook fanspage memungkinkannya pelaku bisnis untuk memiliki jumlah fanspage tidak terbatas.

Itu kenapa kita kerap menyaksikan sebuah account memiliki beberapa ratus ribu sampai juta-an fanpage. Dengan fanspage, semua ini gampang diraih.

Konten Bisnis dan Individual Terpisah

Fanspage membuat sebuah bisnis jadi lebih professional. Ini karena konten fanpage dibikin lebih terukur dan teratur. Tidak ada sharing acak, photo sedang momong anak, atau konten individu yang lain.

Dengan konten yang teratur inilah fanspage akan mencapai fans lebih memberikan keyakinan. Kita akan kelihatan spesialisasinya berjualan ini atau pakar dalam sektor itu.

Professional dan Paling dipercaya

Sama seperti keterangan di point awalnya. Dengan konten yang terpisah dan terukur, sebuah bisnis di Facebook akan kelihatan semakin kompeten dan paling dipercaya. Bukan abal- abal.

Dengan profesionalitas ini, keyakinan orang- orang dalam beli produk Anda akan bertambah.

Masukan dan Contact dari Customer

Fans dapat bebas mengontak Anda untuk bertanya produk melalui kotak kometar atau messenger. Saat masukan yang mereka beri positif, imbas psikis ini dapat mengena ke fans yang lain.

Disamping itu, karena keringanan untuk mengontak melalui komentar atau messenger, kesempatan terjadi pemasaran jadi lebih gampang dari sekadar facebook individual.

Terindeks Search Engine

Konten dari fanpage akan terindeks dengan lebih bagus oleh mesin perayap karena dipandang lebih paling dipercaya dan memberinya info yang berkualitas. Konten dengan engagement baik akan berbobot yang lebih bagus.

Trending Pemasaran

Fanspage menjadi media untuk campaign trending pemasaran. Dengan ide giveaway, Anda dapat menggerakkan kenaikan jumlah fans di fanpage dan memaksimalkan pemasaran.

Cara Membuat Facebook Fanspage / Halaman Fans

cara membuat facebook fanspage
cara membuat facebook fanspage

Untuk membuat fanspage atau halaman Facebook, yakinkan Anda telah memiliki account individual terlebih dahulu. Seterusnya, yakinkan Anda sudah mengetahui tipe fanspage yang ingin Anda bikin, seperti nama dan topik yang bakal digotong.

Bila penyiapan itu telah, sekarang waktunya Anda ikuti panduan membuat fanspage Facebook berikut :

cara membuat fanspage di laptop
cara membuat fanspage di laptop
  • Login ke account Facebook Anda, lalu masuk ke halaman Create Page.
  • Apa Anda ingin membuat fanpage untuk bisnis/ merek atau untuk komunitas/ public figur? Pilih kelompok yang tepat.
  • Masukan nama halaman dan ketegori yang sama sesuai, click ‘Lanjutkan’
  • Sesudah click Teruskan, Facebook akan minta kita untuk lengkapi data contact bisnis, seperti alamat dan nomor telephone
  • Unggah photo profile (ukuran 300300px) dan photo cover halaman (ukuran 828315px). Bikinlah photo profile yang berkaitan dengan fanspage.
  • Selesai.

Selamat sekarang ini anda sudah sukses membuat account fanspage Anda, tetapi anda harus mempunyai faktor pendukung lainnya seperti instagram bisnis.

Pengaturan Selanjutnya Fanspage Facebook

Sesudah seleai dari tahap 6 di atas, halaman fans Anda secara tehnis telah usai Anda bikin. Seterusnya, ada banyak hal yang dapat selekasnya dilaksanakan, yakni :

Memperbaharui username fanspage, dengan click username di bawah nama fanpage (akan ada pilihan ini saat Anda belum menggantinya)

Membuat posting pertama untuk fanspage Anda

Mengundang teman- rekan paling dekat dengan feature ‘invite friend’ untuk memperoleh 10 pengikut pertama Anda
Sesudah tiga hal itu, Anda akan masuk ke sisi Seting atau Penataan :

  • Pada bagian General, kerjakan penataan pada umumnya untuk fanspage Anda. Page Visibilitas harus dengan status Published dan untuk Pengunjung Post akan Saya mengatur supaya tidak seluruhnya orang bebas posting di halaman Facebook. Saya atur supaya seluruh orang dapat men-tag halaman secara mudah.
  • Pada bagian Page Informasi, Anda dapat atur info sesuai halaman Anda, dimulai dari deskripsi halaman, web, alamat, dan jam operasional.
  • Pada bagian Messaging, Anda dapat membuat greeting instant saat seorang mengirimi pesan ke fanspage Anda
  • Feature Templates dan Tabs dapat Anda gunakan untuk membuat tab di situs Anda sesuai keperluan.
  • Sisi notification akan menolong Anda atur pemberitahuan yang ingin Anda kenali.
  • Di panel Page Roles bisa Anda gunakan untuk atur team yang turut serta dalam pengendalian fanpage dan bagaimana peranan mereka.
  • Feature Instagram akan menolong Anda untuk tersambung dengan account Instagram bisnis Anda.
membuat halaman facebook untuk jualan

Tips Best Practice Mengurus Fanspage.

Saat membuat sebuah fanpage, pasti kita ingin halaman ini menjadi satu diantara media yang efisien dalam memberitahukan produk kita dan berpromosi. Oleh karena itu, berikut ialah beberapa panduan yang dapat Anda pakai untuk memaksimalkan fanspage Anda :

1. Manfaatkan rekan Facebook menjadi pengikut pertama Anda

Membuat fanbase di tahapan awalnya kadang berasa lebih susah dibanding menambahkan pengikut sesudah banyaknya lumayan banyak. Terutama bila kita cuman manfaatkan cara organik alias gratis.

Tetapi, tidak berarti ini mustahil untuk dilaksanakan. Itu kenapa Facebook sendiri mereferensikan Anda memakai feature invite friend. Maksudnya supaya Anda mendapat beberapa puluh atau bahkan juga beberapa ratus pengikut pertama Anda.

2. Variasi Isi Konten

Jauhi membuat konten yang itu- hanya itu alias boring. Arah membuat fanspage ialah supaya Anda membuat konten yang konsentrasi dan teratur. Tetapi tidak berarti boring.

Coba untuk membagikan konten Anda ke sejumlah tipe, seperti pembelajaran konsumen, informasi produk, games/challenge, promosi dan selingan enteng. Konten tidak kaku harus sama sesuai produk, tetapi juga tidak boleh meleset terlampau jauh.

Pokoknya, kita membuat konten sebagai jembatan komunikasi dengan fans. Janganlah sampai fans berasa mereka dipenuhi lewat produk terus- menerus dan pada akhirnya jemu.

Agar semakin memaksimalkan konten, Anda bisa juga memakai sistem storytelling atau covert selling yang menghipnotis pembaca.

3. Timing yang Tepat

Jauhi terlampau agresif dalam membuat konten, terkecuali fanpage Anda ialah website informasi yang telah besar. Untuk sebuah merek atau eCommerce, kualitas posting lebih penting dibanding dengan jumlah.

Bila Anda ingin mempublikasikan produk dan tidak mau kelihatan posting terus- terusan, coba untuk mempublikasikan beberapa photo sekalian dalam 1x post. Ini akan lebih singkat dan efisien.

Yakinkan Anda mempublikasikan di saat yang pas, yakni jam- jam di mana audience Anda sedang online dan berseluncur di Facebook mereka. Dengan demikian, tingkat keterkaitan pemakai akan baik.

4. Selalu Pantauan Insight

Insight berisi catatan statistik perform fanspage. Dengan lakukan pantauan Insight secara reguler, Anda akan ketahui tipe konten apa yang dicintai audience Anda, jumlah like, page view, dan lain-lain.

Data pantauan ini bermanfaat sebagai tutorial apa yang perlu dilaksanakan pelaku bisnis seterusnya dan apa taktik yang sudah dilakukan keseluruhannya untuk fanpage telah sukses atau memang belum.

Untuk tutup artikel ini, Tarunajati.my.id akan menyuguhkan beberapa pertanyaan yang terkait langsung dengan artikel ini sebagai ikhtisar :

Apakah itu Fanspage Facebook?

Fanspage ialah sebuah halaman khusus yang dibikin dari Facebook, yang menyuguhkan info tentang sebuah bisnis atau merek brand.

Apakah beda account Facebook Individual dan Fanspage?

Bedanya berada pada peranan dan featurenya. Facebook individual ialah account Facebook yang pemakai pakai untuk ekspresikan diri berkaitan dengan penilaian individual dan keperluan individu yang lain. Fanspage umumnya fokus untuk peningkatan tertentu, misalkan account khusus jualan online, tempat komunitas, dan media branding.

Bagaimana cara membuat Fanspage?

Untuk membuat fanspage, lebih dulu Anda harus punyai account Facebook individu. Seterusnya, ada banyak cara yang penting Anda turuti, seperti diterangkan di panduan cara membuat fanspage di artikel Tarunajati ini.

Ringkasan

Fanspage Facebook ialah tool yang harus dipakai oleh beberapa pelaku bisnis yang ingin tampil professional di Facebook. Dengan membuat fanspage, Anda dapat memaksimalkan branding dan marketing bisnis Anda di sosial media dengan cara yang akurat.

Disamping itu, membuat Fanspage rupanya benar-benar gampang. Dan sudah pasti Anda wajib melakukan best practice untuk pastikan pemakaian nya maksimal, bagaimana mudah kan cara membuat facebook fanspage semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda yang sedang memulai usaha online.

%d blogger menyukai ini: