
Prinsip dasar animasi 2D sama seperti prinsip dasar animasi secara umum. Prinsip dasar animasi adalah prinsip-prinsip yang digunakan seorang animator untuk mengetahui dan memahami bagaimana sebuah animasi dibuat sedemikian rupa sehingga didapatkan hasil animasi yang menarik, dinamis, dan tidak membosankan. Fungsi utama dari prinsip-prinsip dasar animasi adalah agar setiap animasi yang dibuat terlihat menarik dan dramatis dengan gerakan yang alami dan sebagai perantara komunikasi antara pembuat film animasi dengan penonton atau penikmat film. Dengan prinsip animasi, seorang animator dapat menyisipkan ekspresi karakter sehingga menarik perhatian para audience.
Perumus dari 12 prinsip animasi adalah Frank Thomas dan Ollie Johnston. Kedua belas prinsip tersebut, meliputi squash and stretch, anticipation, staging, straight ahead and pose to pose, follow through and overlapping action, slow in and slow out, arcs, secondary action, timing, solid drawing. appeal, serta exaggeration.
Daftar Isi
12 Prinsip dasar animasi 2D

a. Squash and stretch
Squash and stretch adalah sebuah prinsip yang digunakan untuk membuat ilusi seberapa keras permukaan sebuah benda.
b. Anticipation
Anticipation adalah sebuah prinsip animasi di mana animator memberikan tanda pada penonton
mengenai apa yang akan dilakukan oleh si karakter.
c. Staging
Staging merupakan gerak keseluruhan dalam sebuah adegan yang harus tampak jelas dan detail untuk mendukung suasana yang ingin dicapai dalam sebagian atau keseluruhan scene.
d. Straight ahead and pose to pose
- Straight ahead adalah prinsip membuat animasi dengan cara seorang animator menggambar satu per satu (frame by frame), dari awal sampai selesai seorang diri.
- Pose to pose yaitu pembuatan animasi oleh seorang animator dengan cara menggambar hanya pada keyframe-keyframe tertentu saja, selanjutnya inbetween atau interval antar- keyframe digambar/dilanjutkan oleh asisten/animator lain.
e. Follow through and overlapping action
- Follow through adalah tentang bagian tubuh yang tetap bergerak meskipun seseorang telah berhenti bergerak. Misalnya, rambut yang tetap bergerak sesaat setelah berhenti berlari.
- Overlapping action secara mudah bisa dianggap sebagai gerakan saling silang. Maksudnya adalah serangkaian gerakan yang saling mendahului (overlapping). Salah satu contohnya adalah pergerakan tangan dan kaki ketika berjalan.
f. Slow in and slow out
Slow in and slow out menjelaskan bahwa setiap gerakan memiliki percepatan dan perlambatan yang berbeda-beda Slow in terjadi jika sebuah gerakan diawali secara lambat kemudian menjadi cepat. Slow out terjadi jika sebuah gerakan yang relatif cepat kemudian melambat.
g. Arcs
Arcs akan membuat gerakan animasi Anda menjadi lebih alami, khususnya untuk gerakan manusia dan hewan, Cara berpikir dari prinsip ini adalah seperti sebuah pendulum. Semua gerakan tangan, kaki, memutar kepala, dan gerakan bola mata semuanya dilakukan dengan mengikuti sebuah kurva.
h. Secondary action
Secondary action adalah prinsip di mana ada gerakan sekunder yang terjadi akibat adanya gerakan utama. Contoh gerakan utamanya adalah orang yang sedang berlari, sedangkan gerakan sekundernya adalah topi seorang anak yang bergerak. Jadi, topi ikut bergerak isebabkan oleh gerakan utamanya, inilah yang dimaksud dengan secondary action.
i. Timing
Timing adalah prinsip terpenting di dalam animasi. Timing menentukan berapa gambar yang has dibuat di antara dua pose
(inbetween) Prinsipnya, semakin banyak inbetween, berarti durasi seman lama sehingga action yang sedang dilakukan akan semakin panjang. Oleh karena itu, timing part yang pas akan merepresentasikan persepsi dari action yang pas pula.
j. Appeal
Appeal berkaitan dengan keseluruhan gaya visual dalam animasi. Anda bisa dengan mudah mengidentifikasi gaya animasi buatan Jepang dengan hanya melihatnya sekilas Anda juga bisa melihat style animasi buatan Disney atau DreamWorks cukup dengan melihatnya beberapa saat. Hal ini karena mereka memiliki appeal atau gaya tersendiri dalam pembuatan karakter animasi. Appeal adalah tentang bagaimana Anda membuat karakter Anda menjadi menarik dan tidak selalu harus lucu seperti yang banyak orang pikirkan.
k. Exaggeration
Exaggeration adalah upaya untuk mendramatisasi sebuah animasi dalam bentuk rekayasa gambar yang bersifat hiperbolis Prinsip ini dibuat untuk menampilkan ekstremitas ekspresi tertentu dan lazimnya dibuat secara komedi. Banyak dijumpai di film-film animasi, seperti Tom and Jerry, Donald Duck, dan Doraemon. Contohnya bola mata Tom yang melompat keluar karena kaget, muka Donald yang membara ketika marah, dan air mata Nobita yang mengalir seperti air terjun ketika menangis.
l. Solid dr awing
Solid drawing adalah kemampuan untuk menggambar karakter dalam berbagai angle, sehingga karakter tersebut terlihat bervolume dan konsisten dalam setiap frame. Segala atribut yang menempel pada karakter, seperti mata dan pakaian tetap konsisten letak dan bentuknya.
Penutup
Di atas tadi merupakan 12 prinsip dasar animasi yang harus anda ketahui jangan lupa lupa membaca juga artikel tentang Teknik animasi dasar semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan anda di dunia animasi.