Pengertian Barang substitusi, Jenis, Contoh Barang Substitusi dan Pengaruhnya

Pengertian Barang substitusi dan Contohnya
Pengertian Barang substitusi dan Contohnya

Apa Pengertian Barang substitusi – Untuk penuhi keperluan dan memudahkan kehidupan manusia, barang dibikin dengan bermacam wujud dan peranan. Secara sederhana, barang adalah benda berbentuk yang mempunyai nilai hingga bisa digunakan oleh manusia. Ada banyak tipe barang yang ada di bumi ini, satu diantaranya adalah barang substitusi. Pada ulasan ini kali, kita akan membahas selanjutnya tentang barang substitusi di kehidupan manusia setiap hari.

Apa Itu Barang Substitusi

Barang substitusi adalah barang alternatif yang dapat diganti atau ditukar sama barang lain. Dalam pengetahuan ekonomi, barang substitusi sebagai produk atau service yang pada intinya sama atau cukup serupa lewat produk lain di mata customer.

Simpelnya, barang substitusi adalah barang yang bisa dipakai untuk gantikan barang lain. Barang substitusi ini sangat penting kehadirannya. Karakternya memberikan keuntungan karena memberinya beberapa pilihan untuk customer. Bila ada satu produk atau barang yang alami peningkatan atau pengurangan harga, peluang keinginan barang substitusi akan naik atau turun. Dan customer, dapat bebas pilih produk atau service yang diharapkan.

Sama seperti yang sudah dibahas awalnya, ada beragam tipe barang yang dipisah atas bermacam kelompok. Satu diantaranya adalah barang yang dipisah berdasar hubungan sama barang lain, yang terbagi dalam barang komplementer dan barang substitusi. Barang komplementer sebagai tipe barang yang manfaatnya untuk lengkapi barang lain.

Berlainan sama barang komplementer, barang substitusi bisa berdiri dengan sendiri tak perlu lengkapi atau diperlengkapi barang lain. Sesuai namanya, barang substitusi adalah barang yang berperanan untuk gantikan barang lain dengan peranan sama . Maka bisa jadi ada dua barang ataupun lebih yang mempunyai wujud berlainan tetapi bisa dipakai untuk keperluan yang serupa.

Pengertian Barang substitusi dan Contohnya
Pengertian Barang substitusi dan Contohnya

Kenapa Manusia Memerlukan Barang Substitusi

Seperti barang lain, barang substitusi juga ada karena ada keperluan manusia pada barang itu. Barang substitusi ada karena manusia memerlukan satu barang, tetapi kondisi tidak memberikan dukungan untuk dapat memperoleh barang itu. Kondisi ini bisa jadi muncul karena beragam factor seperti factor ekonomi, sumber daya, waktu, lokasi, dan lain-lain.

Karena tidak dapat memperoleh barang yang dicari dan keperluan masih tetap ada, karena itu manusia juga cari barang yang lain dapat gantikan barang itu. Dan karena arah intinya penuhi keperluan, karena itu barang yang dicari adalah barang yang mempunyai peranan dan manfaat sama. Atau jika tidak dapat betul-betul sama, minimal barang itu mempunyai keserupaan dalam memberinya apa yang diperlukan.

Selain factor keperluan, barang substitusi ada sebagai wujud dari peluasan produksi dan pendayagunaan sumber daya. Peluasan produksi ini dilaksanakan untuk hasilkan keuntungan secara ekonomi dan tingkatkan kreasi dalam membuat barang. Ini pasti berpengaruh positif karena manusia bisa mengurus sumber daya yang ada jadi barang yang berguna dan berharga lebih.

Contoh Barang Substitusi

Pada intinya tidak ada standard baku yang tentukan apa satu barang sebagai barang substitusi ataulah bukan karena semua bergantung pada peranan dan pemakaiannya. Karenanya dalam tentukan apa yang terhitung barang substitusi, yang pertama harus jadi perhatian adalah peranan dari barang itu. Barang itu bisa digolongkan sebagai barang substitusi dari barang lain sepanjang mempunyai peranan yang serupa atau minimal sama.

Misalkan untuk penuhi peranan bahan makanan, gandum dan kentang menjadi barang substitusi dari beras yang sejauh ini jadi makanan dasar. Atau dari sisi peranan kenakan pakaian untuk tutupi badan, celana menjadi barang substitusi dari rok dan baju menjadi barang substitusi untuk kaos. Juga bisa dari sisi peranan untuk mendinginkan ruang, kipas angin menjadi alternatif pas dari AC yang harga lebih mahal.

Memilih Barang Substitusi

Kita mungkin alami kondisi di mana tidak dapat memperoleh barang yang dicari hingga mewajibkan untuk memakai barang substitusi. Walau dalam ide simpelnya tidak susah tentukan barang substitusi, namun tetap ada banyak hal yang penting jadi perhatian. Berikut adalah beberapa hal yang perlu untuk jadi perhatian saat menentukan barang substitusi:

1. Ketahui Keperluan

Hal pertama dan paling fundamental dalam tentukan dan pilih barang substitusi adalah ketahui apa keperluan yang perlu kita penuhi. Ketahui keperluan akan menolong dalam tentukan barang apa yang perannya bisa penuhi keperluan itu . Maka bila misalkan kita memerlukan suatu hal yang bisa dipakai sebagai alas kaki, kita perlu pikirkan barang apa yang mempunyai peranan itu.

2. Membuat Daftar Barang

Sesudah ketahui apa keperluan kita dan peranan barang yang bisa penuhi keperluan itu, yang penting dilaksanakan seterusnya adalah membuat daftar barang. Tentu saja daftar barang ini dibikin dengan persyaratan khusus yakni peranan yang serupa atau sama. Kita bisa membuat daftar dengan posisi yang memperlihatkan fokus sesuai kondisi yang ditemui atau bahkan juga kemauan individu.

Misalkan dalam penuhi keperluan akan alas kaki, daftar barang yang pertama adalah sepatu. Baru dirinci seterusnya ada sepatu sandal dan sandal, yang dipakai jika daftar pertama tidak dapat didapat.

3. Memerhatikan Harga Barang

Walau barang substitusi diperlukan untuk gantikan barang yang tidak dapat didapat, tetapi janganlah sampai kita meremehkan masalah harga. Penting untuk penuhi keperluan dan cari barang yang berperan sama, tetapi ingat jika kita masih mempunyai keperluan yang lain harus disanggupi. Janganlah sampai karena berpikir asal keperluan bisa tercukupi selekasnya, kita jadi asal memberikan barang pada harga setinggi langit.

4. Memakai Barang dari Bahan Sisa

Saat sebelum memilih untuk beli barang substitusi, sebaiknya kita memeriksa kembali barang sisa yang dipunyai. Bisa jadi dari beberapa bahan sisa itu, kita bisa membuat barang substitusi yang diperlukan tak perlu keluarkan dana besar. Akan lebih baik kembali jika kita selanjutnya bisa jual barang itu dan memulai usaha yang memberikan keuntungan dari pengendalian bahan sisa.

Demikian ulasan berkenaan barang substitusi, dimulai dari pemahaman, pemicu dibikinnya, sampai beberapa hal yang penting jadi perhatian saat menentukan barang itu. Ada barang substitusi pasti benar-benar menolong kita untuk penuhi keperluan saat barang yang dicari tidak ada. Walau demikian, kita perlu tetap arif dalam cari dan pilih barang substitusi supaya masih tetap mendapatkan faedah yang dicari. Mudah-mudahan info ini berguna untuk Anda!

Tipe dari barang substitusi

mengelompokkan barang substitusi adalah hal yang tidak gampang. Ada batas yang lain untuk satu produk atau jasa bisa disebutkan sebagai tangkai substitusi. Barang substitusi bisa dibagi jadi 2 type, prima dan tidak prima.

Hal itu bergantung dari apa barang substitusi itu bisa memberikan kepuasan customer keseluruhannya atau cuma beberapa saja. Barang substitusi prima bisa dipakai secara serupa sama barang atau jasa yang diganti. Hal itu bisa disimpulkan jika manfaat barang atau jasa nyaris memiliki sifat sama.

Salah satunya contoh dari barang substitusi prima adalah roti dari 2 produsen yang lain. Meskipun produsennya berlainan, tapi mempunyai manfaat dan peranan yang serupa. Nach, tipe yang lain dari barang substitusi adalah tidak prima, di mana satu produk atau jasa bisa diganti tapi ada batas yang cukup berlainan.

Selaku contohnya adalah mobil dan sepeda, ke-2 nya sama kendaraan yang dapat bawa kamu dari 1 arah ke ke arah yang lain. Namun, dari ke-2 hal itu ada ketidaksamaan yang memiliki arti bila disaksikan dari beragam segi.

Perbedaan barang substitusi dengan komplementer

Selainnya ada barang substitusi, ada juga barang komplementer atau barang pendamping yang penting kamu kenali. Barang komplementar adalah barang yang dipakai bersama sama barang lain.

Karena memiliki sifat pendamping biasa, barang komplementer ini cuman mempunyai sedikit nilai saat dimakan sendiri. Namun, jika dikombinasi sama barang atau jasa lain rupanya ini dapat menambahkan nilai keseluruhannya. Berikut ketidaksamaan di antara barang substitusi dengan komplementer.

Barang SubstitusiBarang Komplementer
Barang pengganti yang memiliki fungsi sendiri tanpa harus dilengkapi oleh barang lain.Barang yang tidak dapat berfungsi sendiri karena harus dilengkapi dengan barang atau jasa utama lainnya.
Barang yang dapat digunakan sendiri maupun dipasangkan dengan barang atau jasa lainnya.Barang yang harus berpasangan dengan barang atau jasa utama lainnya.

5 Contoh barang substitusi yang harus kamu kenali

Contoh barang substitusi yang wajib kamu ketahui
Beras yang dapat ddiganti dengan singkong atau beras singkong termasuk contoh barang substitusi

Sekarang, kamu telah tahu apakah itu pemahaman barang substitusi. Saat ini waktunya kenalan lebih jauh dengan contoh barang substitusi.

1. Beras ditukar dengan jagung, kentang, atau singkong

Contoh pertama barang substitusi yang termudah kita jumpai setiap hari adalah beras yang ditukar dengan jagung, kentang, atau singkong. Umumnya warga Indonesia memang konsumsi nasi sebagai makanan dasarnya. Tetapi, kamu dapat menukarnya dengan sumber karbohidrat yang lain sesenang hati. Sebagian orang bahkan juga pilih menukar nasi putih dengan nasi merah atau nasi shirataki dengan argumen kesehatan atau diet.

2. Teh dengan kopi

Apa yang kamu suguhkan saat kehadiran tamu? Tidak ada kopi, teh juga selesai. Ke-2 nya dapat sama-sama gantikan, bergantung kemauan customer.

3. Buku bikin atau buku digital

Untuk pecinta buku, sekarang dapat pilih di antara beli buku versus bikin atau digital yang umum disebutkan e-book. Kendaraan umum atau kendaraan individu. Ada yang pilih memakai kendaraan umum saat pergi kerja? Atau kamu lebih sukai bawa kendaraan individu, seperti motor atau mobil? Ke-2 nya sama mempunyai peranan yang sama, yakni mengantarmu ke tujuan lokasi.

4. Pulpen dengan pensil

Alat catat seperti pulpen dan pensil sebagai barang substitusi yang dapat ditukar sesenang hati karena mempunyai peranan yang serupa.

5. Computer atau netbook

Dua barang electronic ini mempunyai peranan yang serupa untuk memudahkan tugas pegawai di kantor atau kerjakan pekerjaan di dalam rumah. Hal yang lain cuman berada pada memiliki bentuk saja, di mana wujud computer semakin besar dan tidak bisa dibawa ke mana saja sementara netbook lebih singkat.

Barang komplementer

Barang komplementer
Contoh barang komplementer yakni handphone dan chargerannya

Selainnya ada barang substitusi, ada juga barang komplementer atau barang pendamping yang penting kamu kenali. Barang komplementar adalah barang yang dipakai bersama sama barang lain.

Karena memiliki sifat pendamping biasa, barang komplementar ini cuman mempunyai sedikit nilai saat dimakan sendiri. Namun, jika dikombinasi sama barang atau jasa lain rupanya ini dapat menambahkan nilai keseluruhannya. Berikut sejumlah ciri-ciri lain dari barang komplementar yakni:

Barang yang tidak bisa berperan sendiri karena harus diperlengkapi sama barang atau jasa khusus yang lain.
Barang yang perlu berpasangan sama barang atau jasa khusus yang lain.

Sebagai contoh barang komplementar yakni mobil dan ban mobil, smartphone dan pengisi dayaannya, kompor dan gas, AC dan remote kontrol dan lain-lain. Dalam pada itu, contoh barang komplementer dan barang substitusi seperti gula dan teh atau jika tidak ada teh, dapat ditukar dengan kopi dan gula.

Dampak peralihan harga pada barang substitusi

Pengaruh perubahan harga terhadap barang substitusi
Peran penting dari barang substitusi adalah sebagai kompetitor dalam pasar

Menurut sendpulse.com, bila harga relatif untuk satu produk bertambah, hal itu bisa membuat customer cari alternative yang lain untuk hemat. Oleh karena itu, keinginan untuk barang yang tambah mahal tentu saja akan turun.

Peranan barang substitusi adalah sebagai pesaing di pasar yang disebut hal baik karena bisa sediakan alternatif lain baik produk atau jasa pada harga terbaik untuk customer. Karena ada pesaing, karena itu perusahaan tentunya akan meningkatkan, tingkatkan, dan membuat pengembangan satu produk untuk selalu bertahan di dalam usaha.

Hal itu sebagai tanggung-jawab dari team yang bekerja meningkatkan produk atau product developer.

Penutup

Saat ini kamu sudah mengetahui secara jelas apakah itu barang substitusi, kan?

Ketahuinya contoh-contoh itu bisa memberikan inspirasi kamu untuk membuat barang substitusi dan komplementer yang lain yang bisa bermanfaat untuk banyak orang . Maka, kurang lebih barang substitusi atau komplementer apakah yang akan kamu bikin, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua, Terima Kasih.

Ali Shofi'in
Nama Saya Ali Shofi'in Semasa SMK saya Mengambil Jurusan MM (MULTIMEDIA) di SMK ISLAM DATUK SINGARAJA
%d blogger menyukai ini: